Anggaran CPNS Sedot Rp. 700 Juta

667
Gambar sebagai ilustrasi PNS Kabupaten Probolinggo.

Probolinggo (wartabromo.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo tengah menyiapkan proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Untuk itu, dana sebesar Rp. 700 juta telah disiapkan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Probolinggo, Abdul Halim, menuturkan saat ini pihaknya telah menyiapkan dana sebesar Rp. 700 juta. Dana ratusan juta itu, dianggarkan untuk rekrutmen CPNS.

“Ya kami sudah menyiapkan dana untuk itu, untuk semua hal berkait dengan proses itu (CPNS, red),” ujarnya, Jumat (7/9/2018).

Halim mengatakan pihaknya tetap menyiapkan anggaran CPNS. Meski kuota dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kem PAN RB) belum turun. Sebab dari informasi yang ia terima, saat ini Pemerintah Pusat akan melakukan rekrutmen CPNS. Ia menyebut tahun ini pihaknya ada 271 usulan, sebagai salah satu bentuk antisipasi.

“Kami belum tahu berapa jatah yang kami terima, termasuk formasinya apa saja. Ini masih menunggu dari pusat. Begitu ada kepastian, kami sudah siap melaksanakannya,” kata Mantan kepala Disnakertrans itu.

Sebagaimana diwartakan sebelumnya, Pemkab Probolinggo berdasarkan analisis dan kebijakan (anjak) yang dilakukan mengalami kekurangan tenaga ASN. Setidaknya Pemkab Probolinggo membutuhkan sekitar 5.000 ASN baru. Yang terbanyak di sektor pendidikan dan kesehatan, karena ASN itu pensiun.

Kekurangan tersebut, ditutupi dengan adanya pegawai tidak tetap (PTT) dan Guru Tidak Tetap (GTT). Sehingga tidak mengganggu pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Probolinggo. (saw/saw)