Lahan Belakang Rumah Makan di Latek Terbakar, Karyawan Kalang Kabut

1410

Bangil (wartabromo.com) – Lahan si belakang sebuah rumah makan di Kelurahan Latek, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, terbakar, Sabtu (15/9/2018). Pembakaran sampah, jadi pemicunya.

Kebakaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 10.30 WIB, dijumpai oleh sejumlah warga, yang penasaran karena melihat asap mengepul tinggi.

Tapi sebelumnya, karyawan rumah makan sempat juga bertanya-tanya, karena asap memenuhi ruangan, terutama bagian belakang bangunan.

Api terus berkobar dan cepat merembet pada rumput dan alang-alang kering di lahan kosong itu. Beberapa warga pun turun ke lokasi kebakaran, mencoba padamkan api.

Mengetahui api terus membesar, sejumlah karyawan pun kalang kabut. Meski terbilang cukup jauh, mereka tetap mencoba mencegah api merembet ke bangunan rumah makan.

Baca Juga :   Harianto Jatuh Pingsan Mengetahui Putrinya Tewas Ditabrak Kereta Api

Tidak berapa lama, PMK Kabupaten Pasuruan datang dan langsung melakukan penyemprotan. Upaya pemadaman dilakukan sampai kemudian api benar-benar dapat dijinakkan sekitar pukul 12.00 WIB.

“Kami tadi dihubungi salah satu karyawan rumah makan,” kata Ruspandi, Kepala PMK Kabupaten Pasuruan.

Terungkap kemudian, kebakaran terjadi setelah sebelumnya terdapat aktivitas bakar-bakar sampah. Terik panas, disertai angin kencang membuat api menjalar dan membakar lahan. Tidak dijelaskan secara pasti, siapa pihak yang membakar sampah sampai membuat beberapa karyawan kalang kabut dan terpaksa memanggil petugas pemadam kebakaran.

“Kami himbau kepada warga untuk waspada, hindari bakar sampah. Lebih-lebih saat ini puncak musim kemarau,” ujar Ruspandi.

Petugas pemadam saat ini, telah tunaikan tugas setelah memastikan lahan belakang rumah makan di Latek itu, sudah tidak ada lagi bara api. (ono/ono)