Ribuan Pengunjung Banjiri Pembukaan Festival Kesenian Pesisir Utara 2018

1015

Pandaan (wartabromo.com) – Pembukaan Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) 2018 dibanjiri ribuan pengunjung di Taman Candra Wilwatikta, Jum’at (21/9/2018). Kebanyakan pengunjung berasal dari luar wilayah Pasuruan.

Dari pantauan Wartabromo.com, sejak pukul 18.00 WIB para pengunjung mulai berdatangan. Pengunjung yang datang bukan hanya pasangan muda-mudi, namun juga keluarga.

Salah satu pengunjung, Suhardi mengaku, adanya FKPU di Pasuruan menjadi ajang kangen untuk melihat kampung halamannya di Tuban.

“Jarang pulang ke Tuban, adanya acara ini bisa lihat daerah asal, besok kesini lagi ada permainan Khas tuban,” ujarnya.

Diketahui FKPU 2018 dibuka pada hari ini di Taman Candra Wilwatikta, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Acara ini akan berlangsung selama 3 hari, yakni mulai tanggal 23-35 September 2018.

Pada hari kedua besok, pengunjung dimanjakan dengan pameran kerajinan seni dan kuliner. Bukan hanya itu, warga yang hadir dipersilahkan mencoba berbagai permainan rakyat dari berbagai wilayah yang mengikuti FKPU 2018.

Diketahui, ada 14 kontingen dari 3 Kota dan 11 Kabupaten yang mengikuti festival tahunan ini. Antara lain Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sampang, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Pamekasan.

Acara dibuka oleh pertunjukan tari dan dilanjutkan dengan penampilan kesenian, baik dari Kabupaten Pasuruan, maupun peserta dari wilayah Pesisir Utara. (wil/may)