Nyolong di Resepsi, Warga Nogosaren Nyonyor di Massa

6063

Probolinggo (wartabromo.com) – Akal bulus Mohamad Kholil (32), tak berjalan mulus saat mencuri uang di rumah Tatik (34), warga Dusun Nangger, Desa Sindet Lami, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo, Rabu (17/10/2018) malam. Aksinya diketahui warga yang kemudian menghajarnya beramai-ramai.

Ceritanya, sekitar pukul 19.00, warga Dusun Wonosari, Desa Nogosaren, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo itu, datang ke rumah Tatik yang sedang melangsungkan resepsi pernikahan Budi, anaknya. Awalnya ia masuk seperti tamu lainnya. Usai diberi hidangan, pelaku kemudian masuk ke dalam rumah. Kepada sejumlah sinoman (pembantu resepsi), Kholil pura-pura mencari neneknya, karena hendak diajak pulang oleh pamannya.

Di saat warga lengah, ia kemudian masuk ke dalam kamar tidur Tatik. Ia kemudian mengambil uang senilai Rp. 1.200.000 yang ditaruh di lemari dalam kamar tidur itu. Usai beraksi Kholil keluar kamar dengan segera. Namun, aksinya itu diketahui salah satu kerabat Tatik. Melihat orang asing masuk ke kamar saudaranya, kerabat Tatik curiga. Sehingga dipanggilah Kholil, namun yang dipanggil malah mempercepat lajunya.

Tindakan Kholil itu malah memancing tamu undangan dan sinoman lainnya. Mereka pun menangkap Kholil yang berusaha kabur. Bahkan agar dirinya lolos dari massa, Kholil menghamburkan uang curiannya. Tetapi usaha itu gagal, ia berhasil ditangkap warga. Dengan leluasa massa pun menghadiahi bogem mentah pada Kholil.

“Awalnya saya kira ada pertengkaran antara tuan rumah dan tamu. Ndak tahunya maling yang berusaha kabur. Ya dihajar warga sampai nyonyor. Untung saya halangi, kalau tidak mungkin sudah habis dia,” kata Irzam Nasution, salah satu warga.

Kini pelaku diamankan dan dibawa ke Mapolsek Besuk untuk dimintai keterangan.

“Masih kita periksa dan dalami kasusnya. Termasuk apakah dirinya beraksi sendirian atau ada rekannya,” kata Kapolsek Besuk, AKP. Sunaryo. (cho/saw)