KPU Kota Probolinggo Segera Lelang Kotak Suara

687

Probolinggo (wartabromo.com) – KPU Kota Probolinggo akan melelang ribuan kotak suara alumunium bekas pakai pemilu lalu. Sebagai gantinya, KPU akan memakai kotak suara dari karton sekali pakai.

Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri mengatakan kotak suara yang terbuat dari alumunium baik yang bagus dan rusak sekitar 6 ribuan. Kotak suara ini sudah digunakan sejak Pemilu 2004 hingga Pilkada 2018 lalu.

“Sekarang sedang dalam proses penghapusan. Nanti apakah akan segera disegerakan atau tidak, kami masih menunggu dari KPU Pusat,” ujarnya, Kamis (25/10/2018).

Penghapusan itu, menurut Hudri sesuai dengan surat dari KPU Pusat pada April lalu, terkait penghapusan dan penjualan perlengkapan kotak suara berbahan alumunium.

“Karena itulah kami akan menjual atau melelang kotak suara itu melalui kantor lelang negara. Uangnya nanti akan masuk ke kas Negara,” tambahnya.

Sebagai gantinya, pada Pemilu 2019 nanti, KPU akan menggunakan kotak suara yang transparan yang terbuat dari karton tebal. Untuk itu, KPU Kota Probolinggo mendapat jatah 3.228 kotak suara. Rinciannya sebanyak 3.025 kotak suara akan disebar di 605 TPS, dimana setiap TPS akan mendapat 5 kotak sesuai jenis surat suara.

Kemudian 5 kecamatan di Kota Probolinggo akan mendapat 8 kotak suara, yakni 5 kotak untuk rekap dan 3 kotak cadangan. Serta 4 kotak suara hasil rekap yang akan dibawakan oleh KPU, saat rekap di KPU Provinsi Jawa Timur.

“Untuk saat ini, baru kotak suara yang kami dapat. Setelah itu, kami akan menerima logistik lainnya sebagai persiapan sampai menjelang pelaksanaan pemilu 2019 nanti. Kalau sekarang ini bahannya dari kardus. Didesain habis pakai, begitulah kira-kira. Begitu dengan bilik suaranya, bahan serupa denga kotak suara ini,” tandas pria berkacamata ini. (fng/saw)