Tol Paspro Akan Diujicoba 2 Pekan

4414

Probolinggo (wartabromo.om) – Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) bakal diuji-coba selama dua pekan, yakni mulai 21 Desember 2018 sampai 2 Januari 2019. Uji coba gratis itu, dilakukan sebelum to ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

PPK Tol Paspro Kementerian PUPR Agus Minarno, mengatakan pihaknya akan melakukan uji coba tol menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019. Selama uji coba, kendaraan yang melintas di tol sepanjang 31,3 km itu tidak dipungut biaya. “Sebelum diresmikan secara langsung oleh bapak Presiden Jokowi, selama 2 pekan tol Paspro ini akan kami gratiskan. Syaratnya, kendaraan yang melintas adalah kendaraan kecil, bukan kendaraan angkutan berat,” ujarnya Jumat (14/12/2018).

Baca Juga :   Warga Probolinggo Temukan Ular Pemakan Ternak

Tol Paspro sendiri memiliki panjang 31,3 km yang terbagi dalam 3 seksi. Seksi I meliputi Grati – Tongas sepanjang 13,5 km. Seksi II meliputi Tongas – Sumberasih sepanjang 6,9 km, dan Seksi III meliputi Sumberasih – Leces sepanjang 10,9 km. Untuk Tol Paspro kebutuhan lahannya sekitar 2,7 juta meter persegi yang terdiri atas 3.034 bidang. Waktu pengerjaan atau pelaksanaan proyek itu selama 900 hari kalender dengan waktu pemeliharaan selama 1.095 hari kalender.

“Target operasional efektif kami dimulai diawal tahun 2019 mendatang. Sementara deadline pengerjaan tol paspro ini sudah sesuai dengan target kami pada akhir Desember ini. Sehingga, sebelum beroperasi secara penuh, akan kami uji coba terlebih dahulu, sebelum nantinya diresmikan oleh Presiden Jokowi,” paparnya.

Baca Juga :   Warga Sumberanyar Unjukrasa, Tuntut Pengerukan Lahan Pertanian Dihentikan

Soal kapan diresmikan oleh Presiden, Agus masih belum dapat memastikannya. Namun demikian dia menyebut dalam waktu dekat jalan tol pertama di Kabupaten Probolinggo ini akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. “Dalam waktu dekat ini pasti diresmikan. Kita tunggu saja info selanjutnya,” kata Agus.

Menjelang uji coba itu, PPK Tol Paspro mengajak Wakil Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko dan sejumlah pejabat lainnya mengeck kondisi terkini tol Paspro. Kunjungan itu dimulai dari pintu masuk/keluar di Leces hingga pintu masuk/keluar di Tongas. “Kesimpulan kami, tol ini siap diuji-cobakan pada akhir tahun, Alhamdulillah,” kata Timbul. (cho/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.