Tutup Tahun, 11 PSK dan 4 Penjaga Wisma Tretes Disikat Pol PP

2952

Prigen (wartabromo.com) – Satuan Polisi Pamong Praja kembali melakukan razia pelaku prostitusi di wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan, Rabu (26/12/2018) malam. 11 Pekerja Seks Komersial (PSK) dan 4 penjaga wisma berhasil diamankan.

Ajar Dollar, Kasi Ops Pol PP Kabupaten Pasuruan mengatakan, ada sekira 25 personel yang diterjunkan di 5 tempat di wilayah Prigen pada Rabu pukul 19.45 WIB. Rinciannya, 2 wisma di daerah Gang Sono, lalu 3 wisma di daerah Pesanggrahan.

“Terjaring 11 PSK dan 4 penjaga wisma,” ujarnya, Kamis (27/12/2018).

Dikatakan kemudian, pada razia terakhir di tahun 2018 itu, Pol PP menerapkan metode berbeda. Ajar mengaku, beberapa petugas disiagakan di wisma tersebut untuk melakukan pemantauan, hingga akhirnya dilakukan penggrebekan.

“Kita pakai model berbeda, makanya bisa menjaring sebanyak itu,” jelasnya.

PSK di Tretes. (foto: Dok Pol PP Kabupaten Pasuruan)

PSK yang diamankan mayoritas berasal dari luar wilayah Pasuruan. Diantaranya Malang, Jember, Lumajang, Jombang hingga Cilacap.

Ditambah lagi, ke 11 perempuan ini terbilang merupakan wajah baru. Mereka pun langsung diboyong ke kantor Pol PP untuk menjalani sidang tipiring (tindak pidana ringan), dan mengikuti pemeriksaan HIV/AIDS.

“Kalau penjaga wisma, tanda tangan surat pernyataan supaya tidak mengulangi lagi (menyediakan tempat untuk berbuat asusila, red). Sementara PSK melakukan tes HIV, 1 perempuan terjangkit HIV, dari Malang,” pungkasnya.

Razia ini menjadi kegiatan terakhir Pol PP pada tahun 2018 ini. Kegiatan itu akan kembali dilakukan pada Januari 2019 mendatang.(may/ono)