Desa Dekat Tol di Rejoso Pasuruan Diterjang Banjir 1,5 Meter

4382

Rejoso (wartabromo.com) – Banjir kembali menggenangi ribuan rumah warga di sejumlah desa di Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan. Tak hanya ribuan rumah, puluhan hektar sawah yang berada di kawasan tersebut juga terendam.

Berdasarkan informasi yang didapatkan wartabromo, Desa Sadengrejo dan Desa Toyaning, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan terendam banjir sejak Senin, (14/1/2019) malam.

Di Desa Sadengrejo yang lokasinya berdekatan dengan tol Pasuruan – Probolinggo, banjir menggenang sampai setinggi1,5 meter bahkan masuk ke rumah-rumah penduduk. Selain merendam sawah, fasilitas umum seperti sekolah dan balai desa juga terendam sehingga aktivitas warga terganggu.

“Banjir kali ini lebih tinggi daripada sebelumnya, satu setengah meter,” ungkap Hudan Dardiri, warga Sadengrejo.

Hingga Selasa, (15/1/2019) pagi, akses jalan desa terganggu. Hal ini berdampak pula pada warga dari dusun lain seperti Dusun Rekesan yang tak dapat menjalankan aktivitasnya dengan lancar karena motor dan mobil mereka tak dapat melintas.

Sementara Khoirul Anam, warga Desa Toyaning mengatakan, banjir di tempat tinggalnya itu mencapai selutut orang dewasa. “Alhamdulillah tidak sampai masuk ke rumah,” ujarnya.

Bakti Jati Permana, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemantauan di daerah yang memang merupakan langganan banjir tersebut.

“Masih pemantauan dengan Camat dan perangkat desa. Secara umum memang tidak sampai ada permintaan evakuasi, namun kami sudah standby, apabila ada masyarakat yang sakit,” ujar Bakti. (ptr/yog)