Beberapa Gunung di Pulau Jawa “Kompak Bertopi”

1694
Gunung Sumbing. (Foto : @randaz1990)

Lumajang (wartabromo.com) – Setelah dihebohkan dengan Gunung Semeru bertopi beberapa pekan lalu. Saat ini, beberapa Gunung juga terlihat ber-caping dan membuat netizen tak kalah takjub.

Hal ini diungkapkan Sutopo Purwo Nugroho, KEPALA Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam akun Twitternya @Sutopo_PN. Ia mengatakan, salah satu Gunung yang terlihat seperti bercaping yakni Gunung Slamet.

“Gunung Slamet bertopi. Puncak gunung tertutup awan jenis lentikularis atau altocumulus lenticularis. Awan ini terbentuk akibat adanya pusaran angin di puncak,” cuitnya.

Fenomena ini terlihat dari Kabupaten Purbalingga, salah satu dari 5 Kabupaten di Jawa Tengah yang mengeliling Gunung Slamet.

Sementara itu, beberapa gunung yang terlihat bertopi yakni :

  1. Gunung Lawu
Gunung Lawu. Foto : @Batmanstroke_

Meski tidak terlalu jelas, namun dibagian puncak Gunung Lawu dikelilingi oleh awan berbentuk kerucut. Fenomena ini terlihat pada Sabtu (29/1/2019).

  1. Gunung Sumbing
Gunung Sumbing. (Foto : @randaz1990)

Sama halnya dengan Lawu, di Gunung yang tertinggi ke tiga di Pulau Jawa ini juga kerap kali terlihat bertopi. Peristiwa ini terjadi pada Senin (28/1/2019).

  1. Gunung Sindoro
Gunung Sindoro. Foto : @Galih_pratamaa

Gunung yang terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing ini juga bertopi pada Minggu (27/1/2019).

  1. Gunung Semeru
Puncak Semeru “bercaping”. Foto : Dokumen

Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur juga kembali “mengenakan” topi pada Minggu (27/1/2019). Namun, peristiwa ini tak sempat terabadikan netizen.

Meski begitu, Sutopo mengingatkan kembali jika fenomena ini murni disebabkan karena alam. Tidak benar jika dikaitkan dengan sesuatu yang mistis, bahkan politik.

“Ini fenomena alam biasa saja. Tidak usah dikaitkan dengan mistis & politik menjelang pemilu pilpres, DPD, DPR DPRD,” pungkasnya. (may/ono)