Permudah Layanan, Polres Pasuruan Kota Mulai Bangun Fasilitas Ramah Disabilitas

871

Pasuruan (wartabromo.com) – Polres Pasuruan Kota mulai perhatikan keberadaan penyandang disabilitas dalam pelayanannya. Fasilitas kursi roda dan bidang miring sebagai akses para penyandang disabilitas, saat ini sudah mulai dipersiapkan.

Selasa, (29/1/2019) pagi, tampak beberapa pekerja tengah sibuk mengerjakan proyek renovasi di sisi barat, tepat di depan ruang Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) dan ruang pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Pembangunan perbaikan fasilitas ini dilakukan untuk menciptakan ruang pelayanan publik yang inklusi atau ramah terhadap penyandang disabilitas.

“Renovasi ditargetkan rampung pekan kedua Februari, kami siapkan sarana bagi penyandang disabilitas untuk ciptakan fasilitas pelayanan yang inklusi,” ungkap AKP Endy Purwanto, Kasubbag Humas Polres Pasuruan Kota.

Baca Juga :   Hujan Lebat, Tebing di Jalan Menuju Candi Belahan Longsor

Selain fasilitas ramah disabilitas, ruangan ramah anak dan ruang khusus menyusui atau laktasi pun akan segera dibangun. “Rencananya dua ruangan tersebut akan ditempatkan di ruang humas yang sekarang, namun dipisahkan dengan sekat,” ujar AKP Endy sambil menunjukkan letak lokasinya kepada Wartabromo.

Sebelumnya, beberapa ruangan seperti kamar mandi, letaknya kurang mudah dijangkau karena posisinya di belakang. Itulah, dalam renovasi kali ini, letak kamar mandi dipindahkan ke sebelah utara ruang humas.

AKP Endy Purwanto menambahkan, pihaknya terus berupaya mewujudkan zona integritas wilayah bebas korupsi, sehingga seluruh ruang pelayanan publik harus diperbaiki. Namun ia enggan menyebutkan jumlah anggaran yang dialokasikan untuk perbaikan sejumlah fasilitas di wilayahnya tersebut. (ptr/ono)