Bawaslu Siapkan Ribuan Pengawas TPS di Probolinggo

0
306

Probolinggo (wartabromo.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Probolinggo menyiapkan ribuan pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS). Untuk itu, Bawaslu membuka rekrutmen pengawas pada Februari ini.

Pada gelaran Pileg dan Pilpres mendatang, ada 3.498 TPS di seluruh Kabupaten Probolinggo. Dengan begitu, maka dibutuhkan pengawas TPS dalam jumlah yang sama. “Untuk menciptakan pemilu yang bermartabat, maka peran pengawas TPS sangat penting,” kata Ketua Bawaslu Probolinggo, Fathul Qorib, Senin (4/2/2019).

Berdasarkan kebutuhan itu, maka Bawaslu akan melakukan perekrutan pengawas pada 11-21 Februari 2019. Pendaftar, minimal lulusan SMA dan maksimal umur 25 tahun. Perekrutan itu sesuai dengan UU RI nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, dan surat keputusan (SK) Bawaslu RI nomor 27 tahun 2019 tentang Rekrutmen Pengawas TPS.

“Untuk pendaftarannya dan penerimaan berkasnya dimulai tanggal 11 nanti. Tugas rekrutmen ini akan diserahkan kepada Panwascam, mulai dari pengumuman dan pendaftaran serta yang lainnya,” terang Qorib.

Meski diserahkan ke Panwascam, bukan berarti proses perekrutan dilakukan secara sembarangan. Sebab dalam perekrutan pengawas TPS ini, Bawaslu akan intens dalam mengawasi prosesnya. “Tugas kami akan melakukan supervisi terhadap proses rekrutmen pengawas TPS ini,” tandas pria asal Kecamatan Pakuniran ini. (cho/saw)