KPU Kota Probolinggo Tunggu 3 Macam Surat Suara

853

Probolinggo (wartabromo.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo menunggu kedatangan 3 macam surat suara pada Pemilu 2019 nanti. Saat ini, KPU baru menerima 2 macam surat suara.

Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri mengatakan 3 macam surat suara itu untuk Pemilihan Presiden, DPD RI, serta DPRD Kota Probolinggo. Namun, pihak KPU, sampai saat ini belum dapat memastikan waktu kedatangan 3 macam surat suara yang dibutuhkan untuk Pemilu pada 17 April itu. “Kami belum mendapatkan informasi kapan akan dikirim lagi,” ujarnya, Minggu (17/2/2019).

Sebelumnya dijelaskan, KPU Kota Probolinggo baru menerima 2 jenis surat suara, yakni DPR RI dan DPRD Propinsi. Dua macam surat suara itu, diterima KPU dari percetakan pemenang tender pada Rabu (13/2/2019) malam. Dua truk kontainer berisikan surat suara tiba sekitar pukul 21.00 WIB di gudang penyimpanan KPU jalan Anggrek. Rinciannya 171.191 surat suara DPR RI dan 171.191 surat suara DPRD Propinsi Jawa Timur.

Baca Juga :   Kondisi Jalan Buruk, Para Sopir Bus Keluhkan Terminal Bayuangga

“Prosesnya bertahap, untuk saat ini yang kami terima hanya dua jenis surat suara saja. yaitu DPR RI dan DPRD Provinsi. Untuk tiga jenis surat suara lainnya, akan menyusul. Kami menunggu informasi lanjutan dari pemenang tender, kapan tiga surat suara itu akan dikirim ke kami,” kata pria berkacamata ini.

Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 2 (DPTHP2) Kota Probolinggo, berjumlah 167.194 orang. Data pemilih ini, kemudian menjadi rujukan untuk mencetak surat suara. Dalam prosesnya, KPU sebelumnya menetapkan jumlah kebutuhan surat suara, dengan menentukan tambahan 2,5% pada jumlah DPT tiap TPS.

“Setelah kami pastikan kesesuaian jumlahnya, selanjutnya kami akan cek apakah ada yang cacat dan rusak. Rusak atau cacatnya surat suara itu dapat diketahui saat proses pelipatan surat suara,” pungkas Ahmad Hudri. (fng/saw)