Website Pemkab Probolinggo Tak Bisa Diakses

1059

Probolinggo (wartabromo.com) – Situs resmi milik Pemkab Probolinggo sejak Rabu (27/2/2019) tak bisa diakses masyarakat. Website yang menjadi salah satu media penyampai informasi dan berita terkait Pemkab Probolinggo itu, tengah dalam penanganan Diskominfo.

“Waktu itu saya hendak mencari referensi kegiatan Pemkab, sebagai bahan informasi perkembangan di Kabupaten Probolinggo. Tetapi bukan informasi yang saya dapatkan, malah laman situs yang hanya bergambar putih. Ya baik itu lewat ponsel maupun laptop,” tutur Misbahul Huda kepada wartabromo.com.

Dari penelusuran wartabromo.com, sejak pukul 10.00 WIB, situs di laman probolinggokab.go.id tak bisa dibuka. Warga masyarakat yang hendak membuka website resmi Pemkab Probolinggo tersebut, hanya mendapati laman itu dengan tampilan layar berwarna putih. Lalu terdapat tulisan Your connection is not secure. The owner of probolinggokab.go.id has configured their website improperly. To protect your information from being stolen, Firefox has not connected to this website.

“Kami belum tahu, karena saya sendiri ada di luar kantor. Seharian ini, belum membuka website sama sekali. Terima kasih infonya, nanti kita sampai ke rekan-rekan yang membidanginya, untuk segera ditangani,” kata Plt. Kadiskominfo Tutug Edi Utomo melalui sambungan selulernya.

Baca Juga :   Ini Alasan Mantan Karyawan Garong Toko Majikannya

Hingga pukul 15.00 WIB, situs informasi itu belum pulih ketika dibuka melalui browser Mozilla Firefox dan Chrome. Baik melalui laptop maupun ponsel pintar. Kemudian wartabromo mencoba membuka website ini melalui browser lainnya. Ternyata bisa dibuka melalui browser Opera dan Opera mini.

Terkait dengan kondisi tersebut, Kepala Bidang Aplikasi, Infrastruktur, dan Teknologi Informasi (ATIK) Sugeng Rahardjo, menyatakan pihaknya sudah menghubungi tehnisi IT terkait keluhan dari masyarakat. Ternyata, pihak IT yang bekerjasama dengan Diskominfo tengah melalui perbaharuan keamanan (update security) tahunan. Namun, perbaharuan itu tidak dikomunikasikan ke Diskominfo.

“Tadi rekan dari Bidang Infokom juga bertanya ke kami kenapa tidak bisa masuk. Setelah kami cek, ternyata pihak rekanan tengah melakukan perbaharuan keamanan. Perbaharuan ini rutin dilakukan tiap tahun, demi keamaanannya. Jadi bukan karena serangan hacker. Untuk iyu, kami mohon maaf kepada masyarakat yang terganggu dengan layanan kami,” kata Sugeng.

Baca Juga :   Irsyad Yusuf Lakukan Mutasi Perdana, Banyak Posisi 'Balik Kucing'

Diskominfo berjanji website resmi Pemkab Probolinggo ini, segera bisa diakses secara penuh. Dimana teknisi IT menjanjikan proses update sekuriti selesai sebelum pukul 24.00 WIB. (saw/saw)