Pemilu Tanpa Politik Uang, Mungkinkah?

1200

Salah siapa? Yang jelas ini menjadi masalah dan tanggung jawab kita semua. Harus ada pembenahan yang nyata dalam berbagai aspek. Dunia pendidikan punya peranan penting dalam menanamkan nilai-nilai agama dan moralitas. Di sektor ekonomi, aspek kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat juga perlu ditingkatkan demi menjaga kesehatan secara finansial sehingga mampu menurunkan resiko politik uang dalam masyarakat.

Di samping itu, tugas untuk menyelamatkan bangsa juga berada pada mereka yang berasal dari partai politik. Tengoklah DPR, mulai dari ketua, wakil, hingga anggotanya berasal dari partai politik, Presiden dan Wakilnya ditentukan dari partai politik. Bahkan, KPK sebagai lembaga independen pemberantas korupsi, komisioner dan ketuanya pun juga ditentukan oleh mereka yang ada di partai politik. Bisa dikatakan, bahwa ketata-negaraan kita dikuasai oleh partai politik.

Semua elemen bangsa harus berjalan secara sinergi dan mengesampingkan egoisme. Dengan demikian, bukan hanya Politik Uang saja yang bisa diatasi, melainkan juga problematika lainnya, bisa dihindari. (*)

________

Penulis saat ini sebagai Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Panggungrejo, Kota Pasuruan