Hoax! Video Benda Mirip Meteor Bukan di Probolinggo Tapi di Brasil

6432

Probolinggo (wartabromo.com) – Sebuah video viral yang menunjukkan benda bercahaya mirip dengan meteor menjadi perbincangan netizen. Video tersebut dikabarkan oleh sejumlah media ditemui di wilayah Probolinggo Jawa Timur. Namun pada kenyataan sebenarnya, video itu tersebut terjadi di Buenos Aires, Brazil.

Video berdurasi pendek tersebut diunggah dan menjadi perbincangan netizen bahkan beberapa media online lokal dan nasional ternama langsung mengutipnya serta turut mengunggahnya ke laman mereka.

Dian Yudha Risdianto, Kepala Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer LAPAN Watu Kosek, Kejapanan, Gempol, Kabupaten Pasuruan mengatakan, video tersebut merupakan video lama yang terjadi di luar negeri tepatnya di Buenos Aires dan diunggah melalui akun Instagram @skytravelcr.

“(Itu) video lama. Saya pernah lihat pernah diposting. Di luar negeri, ” ujar Dian pada wartabromo.com, Selasa (7/5/2019).

Menurutnya, pihaknya tidak membantah jika memang pada kisaran tanggal 6 – 7 Mei terjadi hujan meteor Eta Aquarids. Namun, dipastikan tidak seperti yang terlihat di video viral tersebut.

Dirinya juga membenarkan jika warga bisa menyaksikan langsung fenomena hujan meteor namun kondisinya tidak seperti yang terlihat di video yang diviralkan netizen dan terjadi di Probolinggo.

Sebelumnya, ramai diperbincangkan sejumlah warga di Pasuruan dan Probolinggo melihat adanya meteor yang melintas di langit disaat terawih. Alih – alih tiba – tiba beredar video dari netizen yang dikabarkan berasal dari Probolinggo padahal video tersebut merupakan video unggahan lama pada 22 April 2019 lalu. (yog/yog)