Pemkab Pasuruan Gelar Pasar Murah 2019, Berikut Jadwal dan Lokasinya

33444

Pasuruan (WartaBromo) – Pemerintah Kabupaten Pasuruan menggelar Pasar Murah 2019. Kegiatan dilakukan sebagai salah satu cara mengantisipasi lonjakan harga sembako di bulan Ramadan.

Ada lima titik lokasi diagendakan tergelar pasar murah. Lokasi pertama adalah di Lapangan Desa Jeruk Purut, Kecamatan Gempol yang dibuka secara resmi oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, Selasa (14/05/2019), kemarin.

Menurut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Pasuruan, Soeharto, pasar murah untuk mengantisipasi tren naiknya harga sembako pada bulan ramadan maupun menjelang lebaran. Pasalnya, kebutuhan konsumsi untuk bahan kebutuhan pokok cenderung mengalami peningkatan, sehingga dapat mengakibatkan kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok masyarakat.

“Akhirnya dapat melemahkan daya beli masyarakat terutama warga kurang mampu. Untuk itu, sebagai bagian dari langkah pemantauan dan pelaporan terkait perkembangan harga harian, maka kita gelar pasar murah ini,” kata Soeharto dalam pembukaan pasar murah kemarin.

Baca Juga :   Surga Belanja tiap Senin di Gunung Gangsir

Selama pasar murah berlangsung, Disperindag bekerja sama dengan OPD terkait (Dinas Pertanian, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dan Disperindag). Selain itu 24 kecamatan, IKM dan UKM, BUMN, Bank Jatim, Bank Indonesia, hingga sejumlah perusahaan.

Sementara itu, Irsyad Yusuf, Bupati Pasuruan sampaikan imbauan kepada warga untuk datang ke Pasar Murah. Selain harganya lebih rendah dibanding harga pada umumnya, ketersediaan barang yang dijual juga lengkap.

“Kita gelar Pasar Murah supaya masyarakat, khususnya yang kurang mampu dapat membeli dengan harga yang relatif murah,“ tandasnya.

Berikut jadwal dan lokasi pasar murah:

  1. 14 Mei, Lapangan Desa Jeruk Purut, Kecamatan Gempol;
  2. 16 Mei, Lapangan Desa Bulukandang, Kecamatan Prigen;
  3. 21 Mei, Lapangan Desa Gerbo, Purwodadi;
  4. 22 Mei, Lapangan Desa Sambisirah, Wonorejo;
  5. 23 Mei, Lapangan Desa Kemantrenrejo, Kecamatan Rejoso.
Baca Juga :   Disperindag Pasuruan 'Subsidi' Sembako Untuk Pasar Murah

(mil/ono)