Diduga Langgar Kode Etik, Tiga PPK Dalam Investigasi KPU

19103

Probolinggo (wartabromo.com) – KPU Kabupaten Probolinggo menduga ada indikasi pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh 3 PPK. Investigasi internal pun dilakukan. Jika terbukti, sanksi sudah disiapkan KPU.

“Kami telah melakukan penelusuran terhadap kabar tiga PPK yang diduga melanggar etik itu. Kami tidak tutup mata. Kami tengah melakukan penelusuran. Sehingga nantinya bisa dibuktikan bahwa kabar tersebut benar atau tidak,” kata ketua KPU Kabupaten Probolinggo, Lukman Hakim, Kamis (16/5/2019).

Tiga PPK yang dimaksud adalah PPK Kecamatan Wonomerto, Bantaran dan Dringu. Dugaannya ketiga PPK tersebut melakukan penggelembungan suara bagi caleg dari partai Nasdem untuk tingkat Provinsi Jawa Timur. Cara yakni dengan menggeser suata sah parpol menjadi suara sah caleg. Sehingga perolehan melebihi suara caleg lain.

Baca Juga :   Ribuan Petasan "Kampung Mercon" dan Puluhan Bondet Dimusnahkan

Sehingga saat rekapitulasi tingkat Provinsi Jawa Timur, ada perbedaan. Meski sudah diselesaikan, Bawaslu Provinsi merekomendasikan KPU Kabupaten Probolinggo untuk menelusuri perihal dugaan tersebut.