Waspada! Ini Titik Kemacetan saat Arus Mudik di Lumajang

528

Lumajang (Wartabromo.com) – Satlantas Polres Lumajang memprediksi puncak arus mudik yakni H-2 Lebaran. Beberapa titik di wilayah Utara Lumajang diperkirakan mengalami kemacetan pada puncak arus mudik ini.

Hal tersebut dikatakan oleh AKP I Gede Putu Atma Giri, Kasatlantas Polres Lumajang setelah upacara Operasi Ketupat 2019.

“Kami dari pihak Kepolisian Resor Lumajang memprediksi arus mudik akan terjadi pada H-2 lebaran. Intensitas kendaraan akan meningkat di sepanjang jalur rawan Macet Ranuyoso-Klakah-Kedungjajang,” ujarnya, Rabu (29/5/2019).

Titik tersebut memang merupakan jalur padat pantura. Pada hari biasa menurut pantauan wartabromo, kerap kali terjadi kemacetan. Baik disebabkan oleh Pasar, maupun kendaraan bertonase besar yang mengalami kerusakan di tengah jalan.

“Namun demikian kami telah menyiapkan tim urai agar kepadatan setiap tahun di sepanjang Pasar Buah Ranuyoso serta tanjakan Jembatan Grobogan tak terjadi di tahun ini. Saya optimistis mudik tahun ini wilayah Lumajang dapat berjalan dengan efektif,” tegas Giri.

Sekedar diketahui, di wilayah Lumajang akan dibangun 1 Pos Pelayanan, 4 Pos Pengamanan dan pos pantau. Namun titik-titik pos ini belum diketahui dimana saja.

Sementara itu, operasi ketupat sendiri melibatkan 456 personel gabungan yang terdiri atas 200  personel Polri, 60 personel TNI, 75 personel kementerian dan Dinas Terkait,  30 personel Satpol PP, 16 personel Pramuka, serta 75 personel organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan.

Operasi ini sendiri akan dimulai tanggal 29 Mei 2019 pukul 00.00 WIB serta berakhir pada tanggal 10 Juni 2019 pukul 23.59 WIB.

“Harapan saya tidak ada kejadian yang menonjol selama operasi ketupat. Pihak Kepolisian akan terus meningkatkan sinergitas dengan instansi terkait untuk mengamankan Hari Raya umat muslim tersebut,” ujar AKBP Arsal Sahban saat memimpin upacara.