H-2 Lebaran, Pantura Pasuruan Lengang

942
Suasana jalan raya Gempol terlihat lengang.

Pasuruan (wartabromo.com) – Jalur Pantura Pasuruan terlihat lengang pada H-2 Lebaran. Lancarnya arus lalu lintas ini seiring beroperasinya beberapa ruas tol Trans Jawa di Wilayah Pasuruan.

“Arus Lalu lintas baik Surabaya-Banyuwangi atau sebaliknya cukup lancar,” ujar Iptu Aji Selamet, Kepala Pos PAM Alun-alun Bangil, Senin (3/6/2019).

Padahal diketahui, jalur ini biasanya ramai, dipadati berbagai jenis kendaraan menuju arah Banyuwangi maupun Malang. Namun kali ini pemandangannya berbeda. Terlihat sepi, sesekali melintas pengguna sepeda motor menuju Surabaya ataupun arah Probolinggo.

Sekadar diketahui, sejumlah ruas tol di wilayah Pasuruan telah dibuka. Bahkan bulan lalu, tepatnya Senin (13/5/2018), Presiden Joko Widodo meresmikan 3 seksi Jalan Tol Pandaan-Malang di Gerbang Tol Singosari, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Sedangkan 1 seksi lainya beroperasi fungsional saat arus mudik dan balik lebaran. Artinya, bertambah lagi ruas tol yang bisa dimanfaatkan pemudik di tahun 2019 ini.

Keberadaan tol inilah yang membuat jalan raya yang biasa dipadati pemudik menjadi lebih lengang. Pemudik lebih memilih memanfaatkan fasilitas tol untuk efisiensi waktu.

Meski begitu, petugas tetap bersiaga untuk mengantisipasi kejadian kecelakaan akibat kelelahan saat berkendara dengan menyediakan rest area bagi pemudik yang melintas di jalur Pantura. (bel/ono)