Tentukan 1 Syawal 1440 H, Lapan Pasuruan Pantau Hilal

7078

Pasuruan (wartabromo.com) – Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer LAPAN Pasuruan melakukan pemantauan hilal (Rukyatul Hilal), Senin (3/6/2019). Pantauan dilakukan untuk mendapatkan kepastian 1 Syawal 1440 H.

Dian Yudha Risdianto, Kepala Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer LAPAN Watu Kosek, Kejapanan, Gempol, Kabupaten Pasuruan mengatakan, pengamatan Rukyatul Hilal dilakukan sore ini.

“Sore ini kami akan memantau hilal untuk keperluan penetapan 1 Syawal 1440 H,” ungkapnya saat dihubungi Wartabromo.

Bersama Kemenang dan Ormas setempat, tim Rukyatul Hilal akan melakukan pemantauan dengan berbekal perlengkapan yang telah tersedia.

Berbagai persiapan teknis telah dipersiapkan tim LAPAN Pasuruan, di antaranya beberapa teleskop portabel, kamera serta monitor untuk menunjang kegiatan pengamatan hilal.

Baca Juga :   Warga Ini Boleh Melakukan Perjalanan di Masa Larangan Mudik Lebaran

“Semoga cuaca mendukung sehingga hilal dapat terlihat,” imbuhnya.

Sebelumnya, pada penentuan 1 Ramadan lalu, Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer LAPAN, Pasuruan juga melakukan pemantauan hilal (Rukyatul Hilal) pada Minggu, (5/5/2019) lalu.

Namun, pada saat itu Hilal tak terlihat lantaran mendung menyelimuti langit Watu Kosek, Kejapanan, Gempol, Kabupaten Pasuruan. (ptr/ono)