Balik Ke Perantauan, 58 Pemudik Manfaatkan Mudik Balik Gratis Bareng NU Pasuruan

1012

Pasuruan (wartabromo.com) – Momen perayaan libur lebaran telah usai. Untuk menghemat biaya, 58 perantau dari Pasuruan dan sekitarnya pun memanfaatkan program mudik balik gratis yang difasilitasi Lembaga Takmir Masjid (LTM) NU Kabupaten Pasuruan.

Saiful Zubairi, salah satu peserta mudik balik gratis mengaku terbantu dengan hal ini. Selain menghemat biaya, dirinya merasa nyaman karena bisa kembali ke perantauan bersama orang-orang dari daerah yang sama.

“Merasa terbantu, jadi lebih bisa menghemat,” ungkapnya.

M. Mundzir, Ketua LTM NU Kabupaten Pasuruan mengatakan, program mudik balik gratis ini bertujuan untuk meringankan beban para pemudik khususnya dari kalangan tidak mampu. Selain itu, untuk menyapa ummat secara langsung di kala momen Idul Fitri.

“Pastinya untuk membantu pemudik, utamanya dari kalangan bawah,” ujarnya kepada Wartabromo, Minggu (16/6/2019).

Selain gratis, LTM NU juga memastikan keamanan para pemudik dengan memberikan asuransi sebesar Rp 75 Juta perorang.

Mundzir mengatakan, program mudik balik gratis tahun ini memang hanya dapat menampung sebanyak 58 peserta dengan 1 armada bus saja. Namun ia berharap agar tahun berikutnya dapat menampung lebih banyak pemudik.

Peserta diberangkatkan dari Kantor PCNU Kabupaten Pasuruan pada Sabtu, (15/6/2019). Kemudian singgah di kantor PWNU Jatim dan berakhir di kantor PBNU Jakarta.

“Rute mudik sengaja dipilih seperti itu untuk mengenalkan tiap-tiap kantor NU,” pungkasnya. (ptr/may)