Youtuber dengan 10 Ribu Subscriber, Bisa Masuk Kampus Ini Lewat Jalur Prestasi

1502

Jakarta (wartabromo.com) – Salah satu Universitas di Jakarta viral di jagat media sosial. Pasalnya, salah satu syarat masuk dari jalur prestasi Perguruan Tinggi ini yakni memiliki 10 ribu subscriber.

Menurut informasi yang didapatkan wartabromo melalui Instagram @infomasukptn disebutkan bahwa ada 2 jalur masuk di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta. Pertama yakni jalur Akademik dengan menggunakan Nilai UTBK. Lalu jalur kedua yakni Jalur prestasi.

“Jalur Prestasi yang menggunakan gabungan Nilai UTBK dan Prestasi Akademik/Nonakademik,” tulis UPN dalam websitenya.

Uniknya, hal yang membuat viral yakni syarat jalur prestasi tersebut yakni Youtube Content Creator dengan minimal 10 ribu subscriber. Syarat ini diberikan diantara kriteria lain seperti prestasi bidang olimpiade sains, olahraga dan seni peringkat 1-3, Hafiz Quran, dan pengalaman organisasi. Dengan kata lain, jika seseorang menjadi youtube content creator dengan jumlah subscriber tertentu, maka bisa berpeluang masuk menggunakan jalur prestasi.

“Jalur prestasi ini mendapatkan kuota sebanyak 10% dari jalur mandiri. Bidang Olimpiade Sains 2%, Olahraga dan Seni 2%, Hafiz Al Quran 2%, Ketua OSIS 2%, dan Youtube Content Creator 2%,” lanjutnya.

Meski kuota yang disediakan hanya sekitar 2 %, namun cukup banyak kriteria yang harus dipenuhi youtuber ini. Diantaranya minimal memiliki 2 video, lalu ada juga uji keterampilan membuat konten video dengan tema ditentukan kampus.

Terlepas dari hal itu, warga net banyak menyoroti syarat ini. Beberapa pihak terdengar kontra, namun tak sedikit pula yang pro.

“Atta Halilintar bisa lah ya masuk,” ujar akun instagram asembeijing.

“Astaga kampus gue yang katanya kampus ‘bela negara’,” ujar akun Ivanlimbong.

Bagaimana tanggapanmu bolo? (may/ono)