Kenalan Sama Maskot Porprov VI Jatim Yuk!

475

Surabaya (Wartabromo.com) – Perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim segera dimulai. Lima maskot pun dikenalkan dalam Porprov ini.

“Lima maskot itu bukan sembarang maskot, karena melambangkan keberagaman, kesatuan, keveranian, semangat juang, sportivitas dan prestasi,” ujar Khofifah Indar Parawansa melalui akun Instagramnya.

Lima maskot tersebut yakni Meli (Meliwis Putih). Maskot ini berasal dari Kabupaten Bojonegoro. Si Meli, mempresentasikan kebanggan warga Bojonegoro yang lincah, cepat cerdas dan berprestasi.

Selanjutnya ada Si Giro (Kerbau Giras). Giro adalah maskot dari Kabupaten Gresik. Kerbau Giras ini menjadi symbol berkobarnya semangat masyarakat Gresik.

Ada juga si Lilo atau Lele asli Lamongan. Salah satu jenis ikan ini menggambarkan bahwa warga Lamongan lincah, cerdas dan bersemangat mengobarkan jiwa di Porprov Jatim.

Kemudian ada si Lawe dari Kabupaten Tuban. Lawe ini merupakan penggambaran dari tokoh RH Ronggolawe, Adipati Tuban. Dengan menggunakan simbol Kuda, Lawe membawa jiwa semangat, kecepatan, kekuatan dan sportivitas.

Terakhir,  ada si Beki (ayam bekisar) sebagai maskot Jawa Timur. Ayam bekisar merupakan fauna khas Jawa Timur. Ia melambangkan sifat berani, lincah, milenial dan berprestasi.

Baca: Bakar Semangat Atlet, Pemkab Pasuruan Gerojok Bonus Puluhan Juta Bagi Peraih Medali Porprov VI Jatim

“Nah kalau logo Porprov sendiri mengambil bentuk pintu gerbang atau gapura Kerajaan Majapahit yang melambangkan kebesaran dan cita-cita Jawa Timur menjadi Provinsi yang terdepan, maju dan berprestasi,” ungkap Khofifah.

Porprov VI akan dibuka di Stadion Surajaya, Lamongan pada 6 Juli 2019. Lalu akan ditutup pada 13 Juli di Kabupaten Tuban. Ada sekitar 7200 atlet se-Jawa Timur yang akan terjun di empat Kabupaten tempat gelaran Porprov ini. (may/ono)