Mampir ke Grati Lihat Sapi, Menteri Pertanian Ungkap Populasi Sapi Terbesar Ada di Jatim

1788

Grati (wartabromo.com) – Menteri Pertanian RI mampir ke Grati, Kabupaten Pasuruan, Jumat (28/6/2019). Ia meninjau pengembangan sapi potong di Pasuruan dan menyebut populasi sapi terbesar berada di Jawa Timur.

Andi Amran Sulaiman, Menteri Pertanian RI, datang bersama rombongan sekitar pukul 08.00 WIB. Selanjutnya, ia berkeliling di seluruh area Loka Penelitian sapi potong di Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan ini untuk mengecek kondisi sapi-sapi di sana.

Menteri pertanian dalam Kabinet Kerja 2014–2019 ini kemudian mengungkapkan, pertambahan populasi sapi terbesar ada di Jawa Timur.

“Pertambahan populasi sapi terbesar ada di Jawa Timur, sampai 1,4 juta ekor pertahunnya,” ungkap Andi Amran.

Meski demikian, para peternak diharapkan terus mengoptimalkan peningkatan kelahiran pedet-pedet (anak sapi) untuk terus melakukan percepatan peningkatan populasi.

Baca Juga :   Awal Ramadan, Harga Sapi Potong di Pasar Besuk Probolinggo Naik

Dikatakannya pula, populasi sapi di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Pada 2013, populasi sapi di Indonesia ada 12,7 juta ekor. Sementara pada 2019 meningkat menjadi 17,2 juta ekor sapi.

“Ada peningkatan setiap tahunnya, sekitar 1 juta ekor,” imbuhnya.

Ia pun membandingkan peningkatan populasi sapi dengan tahun sebelum pemerintah Jokowi. Menurut penuturan Andi Amran, dulu setiap tahun peningkatannya berkisar antara 180-200 ribu ekor saja.

“Yang terpenting kita harus kembangkan sapi-sapi unggul seperti Belgian Blue dan Brahman, Bonggol yang beratnya sampai 1 ton sehingga petani merasa untung,” pungkasnya. (ptr/ono)