Pemprov Sediakan Rp19 M untuk SPP Gratis SMA/SMK di Pasuruan

1322
Indah Yudiani, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Pasuruan Kota dan Kabupaten Pasuruan.

Pasuruan (wartabromo.com) – Pemerintah Provinsi Jawa Timur memastikan SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) gratis bagi seluruh siswa SMA/SMK Negeri di Jawa Timur. Siswa di Pasuruan pun mendapat jatah Rp19 Miliar untuk program ini.

Jatah anggaran SPP gratis untuk siswa di Pasuruan itu diungkap Indah Yudiani, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Pasuruan Kota dan Kabupaten Pasuruan saat ditemui beberapa waktu lalu.

“Antisipasi yang akan kami terima dari Pemprov sebesar Rp19 M,” ungkap Indah.

Program Pendidikan Gratis Berkualitas (Kantistas) rencananya mulai diaplikasikan di tahun ajaran baru (Juli mendatang). Secara keseluruhan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah menyiapkan anggaran sebesar Rp1,8 Triliun untuk program ini.

Tapi, terkait proses pencairan anggaran ini, Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Pasuruan Kota dan Kabupaten Pasuruan masih menunggu petunjuk teknis resmi dari Pemprov Jatim.

“Proses pencairannya bagaimana, itu yang belum kita ketahui, karena menunggu petunjuk resmi dari Pemprov,” imbuhnya.

Anggaran yang disiapkan itu, sebagai pengganti SPP yang selama ini ditarik ke orang tua. Tentunya, ke depan pihak sekolah tidak lagi memungut uang SPP dari orang tua siswa.

Lebih lanjut, Indah menjelaskan, besaran sumbangan SPP yang diberikan untuk siswa SMA di Kota Pasuruan sebesar Rp85 ribu, sementara SMA di Kabupaten Pasuruan sebesar Rp70 ribu. Sedangkan SPP pada SMK non teknik, baik di Kota maupun Kabupaten Pasuruan sebesar Rp120 ribu dan SMK teknik sebesar Rp135 ribu. (ptr/ono)