Ada Cabor Petanque di Porprov VI Jatim, Apa itu?

393

Pasuruan (wartabromo.com) – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-VI Jatim menyuguhkan berbagai Cabang Olahraga (Cabor) untuk dipertandingkan. Salah satu olahraga yang paling menarik perhatian adalah Cabor Petanque.

Sebenarnya apasih olahraga Petanque itu?

Kholili, Kepala Cabor Petanque Kontingen Kabupaten Pasuruan, menjelaskan, Petanque merupakan salah satu bentuk permainan bola dengan tujuan melempakan bola besi (Bosi/Boules) sedekat mungkin dengan bola kayu (Boka/Jack).

“Permainan ini memiliki 3 peralatan khusus diantaranya Boka, Circle, dan Bosi,” kata Kholili.

Aturan main olahraga asal Perancis ini, ketika pemain yang berkesempatan melempar boka, harus melempar bosi. Nah, pemain lawan harus mengalahkan jarak yang sudah dibuat pemain pertama.

Kholili menjelaskan, ada 2 teknik dasar dalam permainan Petanque. Lemparan menuju titik sasaran (Ponting) dan lemparan menembak (Shooting).

Jika lemparan bola lawan belum bisa mengalahkan jarak terdekat bola pemain pertama, lawan harus melemparkan amunisi bola selanjutnya, sampai jarak lemparan paling dekat dengan boka.

Sebaliknya, jika jarak lemparan lawan berhasil paling dekat dengan boka, maka pemain pertama yang mendapat giliran melempar bosi selanjutnya. Begitu seterusnya hingga amunisi bola, habis.

Dalam permainan single, dan double, masing-masing pemain mendapat amunisi 3 bosi, yang artinya mendapatkan kesempatan melempar 3 kali. Sedangkan pada nomor pertandingan triple, para pemain hanya diberi 2 bola.

Kholili menambahkan, pemenang permainan ini ditentukan oleh perolehan poin yang didapat pemain. Bosi yang paling dekat dengan dengan boka akan memperoleh 1 poin.

Jika sudah mendapat poin, permainan akan dilanjutkan kembali sampai game 11. Pemenang dalam game pertama berhak melempar boka dan mendapat kesempatan melempar bosi.

Baca: Berkekuatan 141 Atlet, Kabupaten Probolinggo Bidik 12 Besar

“Poin 11 digunakan ketika babak penyisihan, dan poin 13 ketika Semifinal dan Final,” tambahnya.

Sekadar diketahui, KONI Kabupaten Pasuruan menargetkan cabor Petanque dapat menggondol 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu di gelaran Porprov VI Jatim. (bel/ono)