Waduh! PKK Kabupaten Pasuruan Larang Anggota Gunakan Air Minum Kemasan pada Tiap Kegiatan

11280

Pasuruan (wartabromo.com) – Anggota PKK di Kabupaten Pasuruan diintruksikan untuk tidak menggunakan air minum dalam kemasan pada tiap kegiatan. Selain mengurangi sampah plastik, larangan dikeluarkan untuk mencegah bahaya kanker yang terkandung dalam plastik kemasan air minum.

Intruksi disampaikan Lulis Irsyad Yusuf, saat memberikan sambutan dalam acara Halalbihalal Keluarga Besar PKK Kabupaten Pasuruan, di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, Rabu (03/07/2019).

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasuruan itu menegaskan, intruksi merupakan bagian membantu pemerintah menggalakkan program pengurangan sampah plastik yang masih menjadi PR (Pekerjaan Rumah) besar hingga saat ini.

“Kita ketahui bersama bahwa sampah plastik tidak dapat diuraikan, meski banyak yang sudah memanfaatkan menjadi barang daur ulang. Oleh karena itu, ada baiknya kita tekan penggunaan botol plastik atau gelas plastik untuk minum dalam kegiatan,” katanya.

Tak hanya untuk mengurangi pemakaian gelas dan botol plastik. Intruksi tidak menggunakan air minum dalam kemasan di setiap kegiatan PKK adalah untuk mengurangi dampak penggunaan plastik bagi kesehatan maupun lingkungan.

“Dalam setiap plastik air minum dalam kemasan, ada kemungkinan air bercampur dengan partikel plastik yang bersifat karsinogenik (zat pembawa kanker) bagi tubuh,” tandasnya.

Oleh karena itu, sebagai solusi atas permasalahan ini, PKK Kabupaten Pasuruan membagikan ratusan botol minum sekali pakai (tumbler) kepada seluruh pengurus PKK. Mulai dari tingkat Kabupaten, kecamatan, dan desa.

“Hari ini saya bagikan tumbler untuk ibu-ibu semua. Jangan sampai hilang. Digunakan terus selama kegiatan berlangsung. Saya mohon ini disimak baik-baik. Jangan diremehkan, karena ini anjuran dari Pemerintah Pusat juga,” tegas istri Bupati Irsyad Yusuf itu.

Baca: Duh! Tanpa Sadar, Setiap Hari Manusia Telan 2.000 Partikel Plastik

Sementara itu, intruksi dan pembagian botol tumbler disambut positif pengurus dan anggota PKK. Ny Diano, Ketua TP PKK Kecamatan Sukorejo mengaku akan menyebarluaskan intruksi Ketua TP PKK Kabupaten Pasuruan ke semua pengurus PKK di semua desa di Kecamatan Sukorejo.

“Insyaallah. Kami siap membantu Ibu Ketua TP PKK untuk tak lagi minum air dalam kemasan. Melalui membawa tumbler ini selama kegiatan,” ungkapnya. (mil/ono)