Benarkah Kangkung Bikin Ngantuk Hingga Turunkan Berat Badan?

3819

Pasuruan (wartabromo.com) – Siapa tak kenal sayur kangkung. Sayuran murah nan enak ini pasti sangat populer dikalangan masyarakat.

Tapi, tahukah anda, dibalik kenikmatan kangkung, tersimpan kekhawatiran tersendiri bagi para penikmatnya. Ada yang menyebutkan, kangkung dapat menyebabkan kantuk tak tertahankan dan badan lemas.

Menjawab beberapa kekhawatiran tersebut, Jovita Amelia, Dokter Spesialis Konsultasi Gizi, membenarkannya. Dijelaskan, kangkung mengandung senyawa yang dapat membuat tubuh menjadi tenang, rileks hingga timbullah rasa kantuk.

“Jadi, kangkung mengandung antioksidan yang mengandung fenolik. Nah, itu yang memiliki efek tenang,” kata Jovita, dinukil dari kumparan.com.

Jovita menambahkan, kandungan kangkung yang terdiri dari berbagai vitamin dan mineral, mampu memperlancar metabolisme tubuh. Mulai vitamin A, vitamin C, B kompleks, asam folat, kalsium, zat besi, magnesium, zink dan lainnya. Inilah yang membuat beberapa orang merasa jauh lebih ‘enak’ badan jika mengkonsumsi kangkung.

Selain membuat badan menjadi lebih rileks, si hijau satu ini dapat membantu menurunkan dan menjaga berat badan. Kalori yang kecil, sekitar 20 kkal per 100 gram dan kandungan serat sebesar 2 gram, minim kandungan lemak dan protein, menjadi alasan mengapa kangkung menjadi salah satu pilihan menu diet.

Meski banyak manfaat mengkonsumsi kangkung, tetap perhatikan kebersihan kangkung ketika akan diolah. Mengingat, habitat kangkung yang berada di rawa-rawa atau tepi sungai.

Sebelum dimasak dan dikonsumsi, kangkung haruslah dicuci bersih dan direndam dalam air garam untuk membunuh bakteri dan parasit yang bersarang pada rongga batang kangkung. Karena kangkung tidak dianjurkan untuk dimakan mentah, maka setelah direndam air garam, kangkung bisa dibilas menggunakan air mengalir dan siap diolah menjadi berbagai makanan lezat penggugah selera. Bisa ditumis, direbus, diolah menjadi campuran urap, pecel, atau disajikan bersama sambal dan nasi hangat.

Waduh bikin ngiler nih!

Bagi yang belum sarapan, kangkung bisa menjadi pilihan menu sarapan Bolo hari ini. (bel/may)