Langganan Kekeringan, Warga Lumbang Bermimpi Punya Kran di Tiap Rumah

346
Warga Watulumbung, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan bergantian mengisi air bersih yang disuplai BPBD Kabupaten Pasuruan, Rabu (10/7/2019).

Lumbang (wartabromo.com) – Setiap memasuki musim kemarau, warga Lumbang, Kabupaten Pasuruan seakan mendapat musibah kekeringan rutinan. Warga pun bermimpi miliki kran air pada masing-masing rumah mereka.

Seperti yang diungkapkan M. Agus, Camat Lumbang, 5 desa yakni Watulumbung, Cukurguling, Karangjati, Karangasem, dan Lumbang, selalu mengalami kekeringan tiap kali kemarau tiba.

“Air yang dari Madakaripura dan Pusung Malang debitnya berkurang, selalu seperti itu kalau kemarau,” terang Agus kepada Wartabromo.com, Rabu (10/7/2019).

Diungkapkan Agus, bertahun-tahun lamanya warga Lumbang, utamanya di 5 desa yang selalu terdampak kekeringan, bermimpi punya pipa sambungan langsung, alirkan air untuk kebutuhan dasar rumah tangga.

“Bertahun-tahun warga mimpi punya kran seperti di kota-kota, yang ditempatkan di depan rumah masing-masing,” tutur Agus.

Menurut Agus, beberapa kali pemerintah maupun pihak swasta memberikan bantuan pengeboran sumur air, namun tetap saja air tidak bisa mengalir dengan lancar.

Menjadi daerah langganan kekeringan seakan dianggap wajar oleh warga setempat. Saat memasuki musim kemarau seperti ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasuruan setiap hari harus menyuplai air, bergantian di tiap-tiap desa yang terdampak kekeringan. (ptr/ono)