Diterjang Angin Gending, Rumah Warga Desa Sumberklidung Tegalsiwalan Nyaris Ambruk

536

Probolinggo (WartaBromo.com) – Rumah warga RT12/RW3, Desa Sumberklidung, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo, nyaris ambruk, terkena angin gending. Selain kencangnya angin, struktur bangunan milik warga itu, sudah tua hingga mudah rusak diterjang angin.

Sebelumnya, angin kencang melanda kawasan tersebut pada Selasa (16/7/2019) sore hari. Angin kencang tersebut, berlangsung hingga malam. “Kencangnya tidak biasa, mulai dari sore itu sampai malam hari,” kata salah satu warga, Muhammad Gatot, Rabu (17/7/2019) siang.

Terlihat, bagian belakang rumah milik Naron (44) tersebut nyaris roboh. Bagian belakang gentengnya sudah berjatuhan. Begitu pula dengan temboknya, roboh dan menyisakan pondasi saja. Saat awak media datang, si pemilik rumah sedang tidak ada di tempat.

Masih menurut Gatot, selain kencangnya angin, struktur tanah di wilayah ini juga tidak stabil. Sehingga untuk bangunan yang tidak terlalu kuat, atau bangunan tua, rawan retak dan roboh. Gatot kemudian mengungkapkan, pihak desa dan polsek setempat, sudah melakukan pendataan pada rumah Naron yang rusak itu.

“Rumah saya juga retak, kalau sudah begitu (retak), ya ditambal saja,” kata Ketua RT12/RW3, Neneng, menambahkan.

Neneng menyebut sejauh ini, tak ada loporan korban, selain  juga belum ada bantuan dari pihak pemerintah, terkait bencana ini. Warga berharap, ada tindakan dan perhatian pemerintah, meringankan beban warga. (lai/ono)