Pencuri Uang Toko Kelontong Dimassa, Sempat Ancam Warga dengan Pisau

845

Probolinggo (Wartabromo.com) – Seorang pria asal Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo babak belur dihajar massa. Ini lantaran pria tersebut ketahuan warga hendak mencuri uang di toko kelontong, dengan berpura-pura membeli rokok.

Yuli Dwi Irwanto (27) mulanya membeli rokok di sebuah toko kelontong milik Surti (52) warga Jalan Ikan Tongkol, Kelurahan/Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Namun ternyata niat Yuli hanya modus belaka.

“Pelaku tersebut hendak membeli rokok di toko milik ibuk Surti itu, dipanggil-panggil tidak ada jawaban, pelaku langsung masuk ke dalam toko dan membuka kotak uang yang ada di toko tersebut,” ujar Kompol Firman, Kapolsek Mayangan, Rabu (24/7/2019).

Aksi ini kemudian kepergok warga yang kebetulan akan berbelanja di warung milik Surti ini. Warga kemudian menghalangi pelaku dan berniat mengamankannya. Bukannya takut, Yuli malah mengeluarkan sebilah pisau dan hendak menyerang warga.

“Saat keluar dari toko, pelaku kepergok warga dan mengeluarkan sebilah pisau, sehingga pelaku di massa oleh warga,” lanjutnya.

Beruntung pihak kepolisian dari Polsek Mayangan cepat mengamankan pelaku dari amukan massa. Polisi kemudian meminta keterangan kepada pelaku. sehingga pelaku diamankan di Mapolsek Mayangan, Kota Probolinggo.

Kapolsek menjelaskan, pencurian tersebut masuk dalam ranah pencurian dengan kekerasan (Curas), karena pelaku hendak menyerang warga dengan sebilah pisau.

“Pelaku dikenai pasal 365 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara,” pungkasnya.(fng/may)