BPBD Dropping Air Bersih Untuk Warga Terpencil

775

Probolinggo (wartabromo.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, menyalurkan air bersih ke sejumlah lokasi yang mengalami krisis air bersih. Salah satunya, di Desa Gunung Tugel, Kecamatan Bantaran. Air bersih kiriman petugas pun, dalam sekejap ludes dikerubuti warga.

Sabtu (3/8/2019) siang, petugas BPBD setempat mengirim 5.000 liter air bersih, ke Dusun Uter, Desa Gunung Tugel, Kecamatan Bantaran. Jumlah tersebut, untuk memenuhi sekitar 150 kepala keluarga, dengan 300 jiwa.

“Suplai air bersih ini akan terus kami lakukan sampai batas akhir kemarau. Kami sendiri sudah punya tim siap siaga, untuk membantu daerah yang kekeringan,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik, Sugeng Supri Sayoga, saat di lokasi.

Baca Juga :   Pelaku Wisata Minta Gerbang Tongas Tol Paspro Ditinggikan, Kenapa?

Kawasan Gunung Tugel sendiri, tiap tahunnya selalu mengalami kekeringan. Terutama saat musim kemarau. Sehari –hari warga setempat harus mencari air sejauh enam kilometer, ke sumber terdekat. Tepatnya berada di Balai Desa Gunung Tugel. Untuk memenuhi kebutuhan minum, mandi, makan dan minum ternak. Saat musim hujan, warga tidak kesulitan. Karena langsung menampung air hujan, sebagai stok air bersih.

“Sudah lama disini kekeringan, sejak saya masuk sini, puluhan tahun lalu. Alhamdulillah pak, ada bantuan air bersih ini. Semoga dibantu terus,” ujar salah satu warga, Astriah Toyyib.

Warga berharap, pemerintah bisa mengatasi permasalahan suplai air bersih warga ini. Terutama di masa kritis seperti musim kemarau. (lai/saw)