BNPB Terjunkan Helikopter Padamkan Kebakaran Gunung Arjuno

1044

Malang (wartabromo.com) – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengerahkan helikopter untuk water bombing atau pemadaman api lewat udara di kebakaran Gunung Arjuno.

Misi Water Bombing Melalui Helikopter ini telah dilakukan dua hari, sejak kemarin hingga hari ini, Minggu, (4/8/2019).

Dikutip dari Okezone.com, pengambilan air dilakukan di Waduk Selorejo yang merupakan sumber air terdekat dari Gunung Arjuno. Helikopter tersebut merupakan bantuan dari pihak ketiga yang dikemudikan oleh pilot asal Rusia. Diketahui, sekali mengangkut air, muatan air yang diserap dapat mencapai 4.000 liter. Helikopter BNPB tipe Mi8 ini berangkat dari Lanud Abdul Rachman Saleh, Pakis, Kabupaten Malang, sejak pagi.

Pembasahan melalui udara ini dilakukan agar bisa menghilangkan bara api di wilayah bekas kebakaran. Sehingga potensi kebakaran di Gunung Arjuno benar-benar bisa dihentikan.

Baca Juga :   Hutan Bentar di Probolinggo Terbakar

Wakil Gubernur Jawa Timur melalui akun instagram resminya, @emildardak mengucapkan terimakasihnya kepada BNPB, lantaran telah melaksanakan misi water bombing untuk memadamkan titik api di Gunung Arjuno.

Menurutnya, inisiatif misi water bombing menggunakan helikopter ini setelah adanya arahan dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa yang telah berkoordinasi dengan Kepala BNPB beberapa hari lalu.

Terima kasih kepada BNPB yang sudah berkenan melaksanakan water bombing menggunakan helicopter untuk memadamkan titik api di unung Arjuno. Apresiasi juga kepada BPBD Provinsi dan BPBD Kabupaten/Kota terkait yag telah bekerja keras memfasilitasi pelaksanaan water bombing,” tulisnya.

Diketahui, kebakaran hutan melanda Gunung Arjuno sejak Senin (27/7/2019) lalu. Jalur pendakian ditutup sementara, untuk mengantisipasi terjadinya korban. Area yang terbakar, awalnya berada di wilayah Bumiaji, Kota Batu, yang kemudian merembet hingga ke Kabupaten Mojokerto dan Gunung Welirang, Kabupaten Pasuruan. (ptr/ono)