Bendera Merah Putih Mengular di Mapolres Probolinggo

886

Probolinggo (wartabromo.com) – Banyak cara dilakukan oleh warga untuk menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Republik Indonesia ke 74. Salah satunya dengan cara membentangkan bendera merah putih sepanjang 100 meter di jalur Pantura Probolinggo-Banyuwangi.

Pembentangan bendera merah putih itu dilaksanakan di depan Mapolres Probolinggo pada Jumat (16/8/2019) sore. Dilakukan oleh sejumlah polisi dan jurnalis di Probolinggo. Namun sebelum dibentangkan, bendera dengan ikuran 100×2 meter itu, diarak mengelilingi halaman Mapolres.

Selain itu ada juga gapura yang dikelilingi gambar tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan. Semisal Bung Tomo, Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia Ir, Soekarno-Mohamad Hatta, dan pahlawan lainnya. Gambar-gambar ini pun dijadikan salah satu spot foto-foto bagi warga.

“Ini merupakan rangkaian peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74. Di antaranya dengan membangun gapura yang merupakan kerja keras anggota. Ini untuk membangkitkan kembali rasa nasionalisme, semangat gotong royong,” kata Kapolres Probolinggo AKBP. Edwwi Kurniyanto.

Tak hanya melibatkan anggota kepolisian, Kapolres juga melibatkan jurnalis yang biasa liputan di Polres Probolinggo.

“Sebagai corong dalam berita positif, rekan-rekan wartawan juga kami libatkan. Semangat kemerdekaan dan gotong royong, harus tetap tumbuh dalam jiwa mereka,” kata mantan Kabag Ops Polrestabes Surabaya ini.

Di sisi lain, Ketua Pokja Jurnalis Kraksaan Richard de Nre mengatakan sinergi antara polisi dan jurnalis harus tetap terjaga. Sebagai salah satu pilar bangsa, wartawan harus menularkan pesan positif bagi masyarakat. Di tengah-tengah maraknya berita hoaks yang beredar di kalangan masyarakat. Serta bahaya penyalahgunaan narkoba yang kian hari terus meningkat.

“Nilai positif itu harus ditular melalui tulisan yang menumbuhkan optimisme bagi bangsa ini. Semangat kebangsaan, semangat untuk mengisi kemerdekaan Indonesia harus terus digaungkan. Sebab bangsa ini mempunyai potensi menjadi bangsa yang besar dan menjadi penguasa dunia,” kata pria berdarah Flores ini. (saw/saw)