Mantan Wakil Ketua Dewan Disebut Tak Kembalikan Mobdin, Ini Faktanya

1728

Pasuruan (WartaBromo.com) – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan 2014-2019, Joko Cahyono disebut-sebut belum kembalikan mobil dinas (Mobdin), fasilitas yang diterima sebelumnya. Terungkap, ketidaksiapan administrasi, membuat proses pengembalian mobil itu, seakan jadi perkara.

Melalui aplikasi perpesanan, Joko Cahyono, anggota DPRD Kabupaten Pasuruan terpilih periode 2019-2024 tersebut mengungkapkan, bila upaya pengembalian mobil pelat merah ini sudah dilakukan sejak sebulan sebelumnya.

Hanya saja, oleh pihak sekretariat, Mobdin Pajero Sport dengan pelat nomor N-7-TP itu, dikatakan dapat dilakukan sekaligus setelah nanti dilengkapi dengan berita acara penyerahan. Secara teknis administratif, pihak sekretariat lah yang diperkirakan mengaturnya.

“Jadi bukan saya tidak menyerahkan mobil. Tapi Sekwan yang belum siap Adminnya. Termasuk kemarin, waktu pelantikan (anggota DPRD), mobil sudah saya taruh di kantor. Tapi tidak siap admin penerimaannya,” terang Joko, Kamis (22/8/2019).

Pria tambur yang juga Ketua Partai Nasdem Kabupaten Pasuruan itu malah mengungkit banyaknya jumlah kendaraan yang dimiliki saat ini yang mencapai 9 unit. Sehingga, iapun menyadari, kendaraan dinas yang digunakan selama lima tahun bertugas itu, harus segera dikembalikan.

“Mobil saya 9 biji di rumah. Malah matur nuwon (terimakasih) kalau segera diambil mobilnya biar tidak penuh penuhin Garasi saja,” imbuh Joko.

Perkara pengembalian fasilitas kendaraan dinas ini mengemuka setelah Abdul Rouf, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Sementara, mengungkit agar pimpinan dewan periode 2014-2019 segera mengembalikan berbagai fasilitas yang diberikan negara sebelumnya.

“Abd Rouf suruh belajar lagi Tupoksi Pimpinan Dewan Sementara. Kalau mau ngurusi mobil sekalian saja suruh merangkap jadi Bagian Perlengkapan Sekwan,” tandas Joko.

Kalimat ditujukan kepada Abdul Rouf itu kemudian ia artikan kepada sejumlah pihak untuk tidak mudah memberikan pernyataan dan sikap, bilamana tidak memahami permasalahan sebenarnya, seperti pada pengembalian Mobdin kali ini.

Sementara, Sudiono Fauzan, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan 2014-2019 kepada sejumlah pewarta juga mengakui belum mengembalikan Macbook Apple. Fasilitas laptop didapatkannya karena menjabat sebagai Ketua Dewan tersebut ditegaskan bakal dikembalikan.

“Ini lagi saya bersihkan file dan sejumlah data-data selama lima tahun saya gunakan. Paling lambat besok pagi saya kembalikan. Tapi saya usahakan, sore ini laptop saya sudah bersih dan segera saya kembalikan,” jelas Dion, panggilan karibnya. (ono/ono)