Heboh Kebiri Kimia, Ini Efek Mengerikannya

9871
Ilustrasi suntikan

Mojokerto (wartabromo.com) – Tengah ramai diperbincangkan, seorang pemuda di Mojokerto dijatuhi hukuman pidana berupa kebiri kimia. Hukuman diberikan lantaran aksi bejatnya mencabuli sembilan bocah.

Waduh ngeri!

Nah, akibat perbuatannya, pelaku berusia 20 tahun itu harus mendekam di penjara selama 12 tahun, membayar denda Rp100 juta subsider enam bulan pidana kurungan dan hukuman tambahan berupa kebiri kimia. Ternyata kebiri kimia memiliki efek samping mengerikan lho.

Dikutip dari viva, jurnal berjudul¬†Chemical Castration for Sexual Offenders: Physicians’ Views, menyebutkan, kebiri kimia mungkin memiliki efek samping serius. Berbagai obat seperti medroksiprogesteron asetat, siproteron asetat, dan agonis LHRH yang diberikan ketika pengebirian kimia, menyebabkan penurunan signifikan pada testosteron serum dan estradiol.

Jika sudah begitu, gangguan kesehatan seperti osteoporosis, penyakit kardiovaskular, dan gangguan metabolisme glukosa dan lipid bisa muncul akibat pengebirian. Tak hanya itu, depresi, hot flashes, infertilitas, hingga anemia juga menjadi efek samping dari kebiri kimia.

Sekadar diketahui, pengebirian kimia menggunakan obat-obatan untuk mengurangi kadar testosteron. Ini dilakukan agar dorongan seksual menurun. Sifatnya hanya sementara jika pengobatan dihentikan.

Meski begitu, pengibirian kimia kerap mengalami perdebatan sebab alasan sosial dan medis. Pasalnya, ini merupakan eksekusi pertama yang akan dilakukan di Indonesia.

Menurut bolowarmo gimana, setuju atau tidak hukuman kebiri kimia bagi para pelaku pelecehan seksual? (bel/may)