Mengulik Dugaan Tipu-tipu Qnet Berbaju Amoeba

13171
“Sudah banyak korban sejak 7 tahun lalu. Afiliasi QNet dan Amoeba seperti tak terpengaruh, dan tetap berdiri tegak siap mencari member berikutnya.”

Oleh : Maya Rahma

BISNIS PT Q-Net menjadi sorotan setelah pengungkapan kasus oleh Tim Cobra Polres Lumajang beberapa waktu lalu.

PT Q-Net yang berafiliasi dengan PT Amoeba Internasional ini terbilang cukup istimewa dalam bermain-main. Licin seperti belut, lele, atau sejenisnya.

Sangkaan awal, kasus Money Games ini baru pertama kali terungkap.

Eh ndilalah… bisnis ini sudah malang melintang di beberapa wilayah, bukan hanya ada di Lumajang atau Madiun. Sudah sejak 2012 lalu.

Namun, para korban menamainya Multi Level Marketing (MLM), bukan ‘money games’ atau bisnis piramida.

Sejak sekitar 7 tahun lalu, banyak warga melaporkan terkait dugaan penipuan mengatasnamakan lowongan kerja PT Q-Net. Bukan di Lumajang, ada beberapa daerah di Indonesia. Mulai dari daerah di Jakarta sana, sampai Sumatera.

Baca Juga :   Lagi, Ketua KPU Kota Probolinggo Dicatut Penipu

Dari tahun ke tahun, semakin marak laporan untuk PT Q-Net. Banyak yang merasa tertipu dengan bisnis ini. Pihak Q-Net kemudian sempat memberikan klarifikasi. Mereka dengan tegas menolak tuduhan itu.

“Rumor penipuan itu tidak mendasar. Tuduhan itu harus dibuktikan dengan bukti-bukti, karena bisa meresahkan anggota. Jika merasa ditipu karena tidak mendapatkan bonus dari joinnya sebagai member QNET, maka harus dilihat penyebabnya,” ungkap Ina Rachman, Direktur QNET Indonesia, (21/6/2013) dikutip dari Tribunnews.

Setelah klarifikasi, kasus ini ya masih tetap jadi perdebatan. Laporan polisi masih ada di beberapa daerah. Para pentolan tetap rajin promosi dong, untuk join member Q-Net.

Warga juga masih terpikat dengan tawaran kaya secara instan ini. Makin banyak korbannya. Kebanyakan mahasiswa, atau pencari kerja yang bener-bener butuh pekerjaan.

Kalau dilihat dari aturan perusahaan PT Q-Net, mereka mengaku jika ini merupakan bisnis jaringan. Perusahaan multinasional ini selain menjual produk, juga menawarkan keuntungan materiil yang mereka sebut dengan ‘bonus’ jika berhasil menjual produknya dan jadi member.

Baca Juga :   Ngaku Anak Kyai, Pria Ini Leluasa Tipu Guru Honorer

Di sini letaknya. Bonus-bonus ini rupanya jadi sebuah boomerang karena telah membuat para member silau melalui PT Amoeba Internasional.

Padahal dalam aturan perusahaan tertulis dengan jelas.

Berfokus menjual produk-produk perusahaan dan bukan hanya pada skema kompensasi,” tulisnya.

Tapi nyatanya, aturan hanya tinggal aturan. Para upline mendobrak habis aturan tersebut. Bonus-lah yang jadi modal promosi.

Dengan membeli produk kesehatan ini, anda akan dijamin sehat seumur hidup. Harganya murah saja, hanya Rp7 juta. Selain itu, anda juga bisa dapat bonus berlipat-lipat jika bisa mengajak rekan membeli produk ini.’

Kira-kira begitulah bunyi promo setelah cuci otak. Anda tertarik? Ya jelas nggak, soalnya anda belum dicuci otak oleh mereka.

Baca Juga :   Dijanjikan Kerja, Perempuan Asal Madiun Malah Diperkosa di Nguling

Para pentolan Q-Net atau sebut saja direksi Amoeba, terbilang ngawur dalam proses cuci otak. Mereka mengadakan seminar yang diisi para ‘upline’ dengan jas kebesaran (seperti jas sewaan).

Seminar ini dilakukan tak kenal waktu. Mulai pagi hingga pagi lagi. Bahkan pada jam 01.00 WIB dini hari pun masih dilakukan, sampek subuh. Ngawur bukan?

Satu lagi materi upline yang paling ngawur, yakni ilmu UGD. UGD di sini adalah tips untuk mendapatkan uang secara cepat, yakni U adalah Utang, G adalah Gaden (menggadaikan barang), dan D adalah Dol (jual barang). Semua itu dilakukan untuk membeli produk (milik) upline, jadi member, menghasilkan uang dan ‘bonus’ untuk para seniornya.

Selain itu, ada juga brosur yang menggambarkan perhitungan keuntungan yang ditawarkan perusahaan jika mereka bergabung.