Hindari Lembur dengan Terapkan Jurus Ini

409

Pasuruan (wartabromo.com) – Terbiasa kerja lembur, sering membuat diri merasa berdosa ketika pulang tepat waktu. Padahal, keseringan kerja lembur menunjukkan ketidakefisienan di tempat kerja.

Berbagai faktor seperti perusahaan yang kekurangan tenaga kerja, atau proses kerja tidak efisien, hingga buruknya manajemen waktu membuat jam pulang harus molor.

Maka dari itu, dilansir dari kompas, ada beberapa cara agar bisa memaksimalkan hari dan bisa pulang tepat waktu:

1. Membuat to do list

Ketika sampai kantor, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat daftar apa saja yang akan dikerjakan. Kalau perlu, buat skala prioritas harian, dimulai dari yang bersifat mendesak hingga yang dianggap paling mudah dikerjakan di hari itu juga. Dengan begitu, akan membuat diri tetap fokus.

2. Minimalkan gangguan

Gangguan yang dimaksud diantaranya, nge-game, ataupun bermain media sosial selama jam kerja. Tak dipungkiri, ketika bekerja, sering memeriksa ponsel, atau membuka sosial media, meskipun sekedar mengecek dan membaca. Hal ini justru memakan waktu lho. Sebab, jika diakumulasikan, menit-menit itu tidaklah sedikit.

Nah, untuk menghindari gangguan, ada baiknya pop up notification dinonaktifkan sementara selama jam kerja. Ini agar tidak memancing keinginan mengecek HP.

3. Buat daily reminder

Selain membuat catatan, memasang pengingat di ponsel 30 menit sebelum jam pulang juga diperlukan. Pengingat ini nantinya menjadi sinyal untuk segera membereskan pekerjaan dan bersiap untuk pulang.

Bisa juga digunakan untuk menyiapkan to do list yang akan digunakan esok hari. Selain itu, adanya pengingat dapat memaksa untuk bekerja lebih efisien.

4. Pulang pada waktu yang ditentukan

Nah, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memberi tahu atasan dan anggota tim agar bisa meninggalkan kantor tepat waktu. Ini dilakukan dengan harapan dapat melunturkan pikiran kerja lembur terus menerus.

Bagaimana bila tiba-tiba ada yang menjadwalkan rapat setengah jam sebelum jam pulang?

Bolo bisa mengajukan pertanyaan dengan sopan, apakah bisa dijadwal ulang di lain hari. Jika dikatakan rapat tidak akan memakan waktu lama, bolo bisa pulang sesuai perjanjian.

Ini bukan berarti bolo menjadi orang yang arogan. Tetapi pulang tepat waktu merupakan hak seorang pekerja yang sudah tertuang di perjanjian.

Jadi, tidak perlu merasa tidak enak ya, jika pulang tepat waktu. Tapi, pastikan semua pekerjaan yang harus clear di hari itu juga selesai. Kalau belum beres, ya jangan ribut pulang, harus tetap profesional. (bel/may)