Ini Kesalahan Makan Es Krim yang Bisa Bikin Keracunan

659

Pasuruan (Wartabromo.com) – Es Krim masih menjadi camilan paling dicari ketika cuaca panas, di siang bolong. Tapi, ternyata es krim bisa bikin keracunan lho jika perlakuannya tidak benar.

Kok bisa?

Ya, dikutip dari detikHealth, para peneliti menyebutkan, es krim bisa menjadi penyebab keracunan makanan. Bahkan, bisa sama buruknya dengan makan daging BBQ yang kurang matang.

Berikut beberapa kesalahan makan es krim yang bisa bikin keracunan:

1. Membekukan Es Krim yang Sudah Mencair

Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah membekukan kembali es krim yang sudah mencair.

“Ini sering terjadi saat orang mengambilnya di freezer dan dibiarkan mencair setelah itu diletakkan kembali untuk dimakan nanti,” tutur Amreen Bashir, dosen Ilmu Biomedis di University of Aston, Inggris.

Dijelaskan kemudian, cairan manis seperti lelehan es krim merupakan tempat sempurna bagi bakteri Listeria, penyebab keracunan. Jika sudah terlanjur mencair kemudian dibekukan kembali, pertumbuhan bakteri itu bisa menjadi dua kali lebih banyak.

2. Pakai sendok kotor

Kesalahan selanjutnya yang membuat es krim berbahaya adalah sendok yang digunakan telah terkontaminasi. Umumnya, orang tidak terlalu memperhatikan sendok es krim.

Sendok kotor tentu mengundang serangga, ataupun hewan penyebar bakteri. Jika sudah terkontaminasi, bakteri akan ikut masuk ke dalam tubuh, sehingga menyebabkan keracunan.

3. Kesalahan Dalam Membuat Es Krim

Belakangan, banyak sekali tutorial pembuatan es krim di rumah. Tak sedikit yang menyarankan menggunakan telur mentah.

Padahal, penggunaan telur mentah sebagai bahan pembuatan es krim bisa membuat seseorang keracunan bakteri salmonella yang menginfeksi saluran pencernaan. Es krim yang dijual di pasaran biasanya dibuat menggunakan bahan yang sudah dipasteurisasi.

Jika ingin membuat es krim sendiri, hindari penggunaan telur mentah, agar bebas bakteri dan aman dikonsumsi. (bel/may)