Begini Caranya Curi Perhatian HRD

2552

Pasuruan (wartabromo.com) – Wawancara merupakan salah satu tahap penting ketika memasuki dunia kerja. Dalam tahap ini, HRD (Human Resources Departement) ingin menilai kepribadian melalui gesture dan cara menjawab pertanyaan.

Tahap ini bagi sebagian orang merupakan tahapan paling menegangkan. Tapi, tentu saja ada beberapa cara ampuh yang bisa bolo terapkan ketika sesi wawancara. Dirangkum dari berbagai sumber, ada 5 trik jitu untuk mencuri perhatian HRD, berikut penjelasannya:

1. Persiapan Matang

HRD akan merasa senang ketika calon pegawai memiliki persiapan sebelum interview. Setidaknya, mengetahui tentang perusahaan dan posisi yang dilamar. Hal tersebut dilakukan, untuk menguji apakah pelamar serius menginginkan pekerjaan itu sesuai kemampuanmu dan minatnya.

Baca Juga :   Dijanjikan Kerja, Perempuan Asal Madiun Malah Diperkosa di Nguling

Sebagaimana diketahui, kandidat ketika wawancara tidak sedikit, pasti ada beberapa saingan yang harus disingkirkan. Nah, disinilah saat yang tepat untuk meyakinkan HRD melalui alasan kuat mengapa calon pegawai harus dipilih.

2. Jangan Bergantung pada CV

HRD melakukan tahap interview mengharapkan adanya obrolan untuk melihat respon calon pegawai. Jadi, usahakan jangan hanya bergantung pada CV. Meskipun CV sudah cukup memberikan informasi, cobalah untuk menyampaikan hal-hal yang tidak tertulis di CV. Biasanya, HRD memberikan pertanyaan pancingan agar calon pegawai dapat bercerita lebih banyak daripada CV.

3. Menceritakan Kelemahan

Bercerita tentang kelemahan bukan hal yang salah lho. Tapi, harus diimbangi dengan cara mengatasi kelemahan yang dimiliki. Dengan begitu, perusahaan bisa mengetahui bagaimana calon pegawai bisa menghadapi masalah dan menyesuaikan diri.

Baca Juga :   Hindari Lembur dengan Terapkan Jurus Ini

Jadi, memaparkan secara jujur tentang kelemahan bukan berarti membuka aib dan memperkecil kemungkinan diterima ya. Sebab, tidak semua kelemahan berarti keburukan.

4. Realistis

Berpikir realistis dalam wawancara sangat diperlukan, agar tidak menyesal dikemudian hari. Trik satu ini akan menguntungkan bagi para calon pegawai. Bagaimana tidak, ketika wawancara, akan banyak pertanyaan yang berkaitan dengan perusahaan, rekrutmen, dan sebagainya. Maka dari itu, usahakan tetao berpikir realistis ketika menjawab pertanyaan.

5. Jangan Putus Asa

Nah, ketika sudah melewati segala rintangan ketika interview, jangan putus asa ketika hasilnya tak sesuai harapan. Setiap orang memiliki keunikan masing-masing. Jangan merasa minder. Tetap berusaha dan berdoa, sebab usaha tak akan mengkhianati hasil.

Baca Juga :   Profesi Unik yang Cocok Untuk Orang Tak Suka Diatur dan Dikekang

Bagaimana? Sudah siapkah untuk wawancara kerja? Semangat! (bel/may)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.