Dituduh Punya Ilmu Santet, Warga Wonorejo Sumpah Pocong

10620

Pasuruan (wartabromo.com) – Sebuah unggahan video prosesi pengambilan sumpah pocong mendapat perhatian warganet. Video yang beredar tersebut, diduga terjadi di Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan.

Sebuah akun bernama Mas Yongki membagikan dua buah foto yang menggambarkan suasana pengambilan sumpah pocong yang dilakukan di sebuah masjid. Tampak beberapa warga penasaran hingga menyaksikan prosesi sakral tersebut.

“Dituduh punya santet,” tulis akun Mas Yongki.

Kemudian, akun lain membalas unggahan akun Mas Yongki tersebut dengan sebuah video yang seakan membenarkan adanya peristiwa pengambilan sumpah pocong itu.

Dalam video berdurasi 4 menit 37 detik tersebut, tampak seorang pria seperti tokoh agama menjadi pemandu jalannya prosesi pengambilan sumpah pocong. Ia berhadapan dengan pria berkacamata yang menyatakan sumpahnya.

Sama seperti prosesi pengambilan sumpah biasanya, dua orang tersebut saling berhadapan disertai kitab suci Al Quran yang diletakkan tepat di atas kepala sang pengujar sumpah.

Dalam video berbahasa jawa itu, pria yang disumpah ini berjanji dan mengelak bahwa dirinya sama sekali tidak memiliki ilmu santet seperti yang dituduhkan.

Wallahi, aku gak nduwe ilmu santet, lek nduwe ilmu santet, di bulan dan tahun iki aku loro gak waras-waras utowo mati, (Demi Allah, saya tidak punya ilmu santet, kalau punya ilmu santet, di bulan dan tahun ini saya sakit tidak sembuh-sembuh atau mati,” ujar lelaki berkacamata dan bersongkok itu.

Setelah pengucapan janji ini kemudian pria yang disumpah berbaring di atas kain kafan. Warga kemudian melilitnya dengan kain kafan, layaknya mengkafani orang meninggal.

Prosesi sumpah pocong ini kemudian dilanjutkan dengan membacakan lafadz Allah. Sumpah Pocong diakhiri dengan permintaan tokoh agama kepada warga untuk tidak saling memprovokasi warga lain.

Jadi mboten usah provokasi katek digepuki mboten usah nggeh. Kersane diserahkan Allah Ta’ala. (Jadi tidak usah ada provokasi mau dipukuli ya. Serahkan semua kepada Allah),” ujar tokoh agama tersebut.

Video yang diunggah pada Kamis (26/9/2019) malam tersebut menyita perhatian warga net. Terhitung lebih dari 190 lebih komentar yang membanjiri unggahan tersebut, mulai dari mempertanyakan kejalasan informasi dalam video tersebut hingga umpatan para warga net.

Sayangnya, hingga berita ini ditulis, akun Mas Yongki sang pengunggah tidak membalas pesan yang dikirimkan Wartabromo. Lokasi pasti sumpah pocong ini pun masih belum bisa diidentifikasi. (ptr/may)