Reward Atlet dan Pelatih Porprov Dibagikan

320
Para atlet peraih medali emas, perak dan perunggu menerima hadiah secara simbolis.

Baru 75 Persen, Sisanya Sekitar Maret 2020

Pasuruan (Wartabromo.com) – Wajah Maylinda Nur Syufiana merona. Atlet peraih 2 medali emas dan 2 perak cabang olahraga Panahan ini tersenyum lepas bersama puluhan atlet lainnya. Ya, ini karena reward atlet dan pelatih peraih medali akhirnya dibagikan KONI Kabupaten Pasuruan.

Reward atlet dan pelatih ini dibagikan di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, sore kemarin (30/9). Penyerahan uang pembinaan para atlet dan pelatih dilakukan secara simbolis.

Plt Kepala Dispora, Yudha Triwidya Sasongko  memberikan uang pembinaan (UP) bagi atlet peraih medali emas. Sedangkan, Ketua KONI Kabupaten Pasuruan, Mulyadi memberikan UP bagi atlet peraih medali perak. Lalu, Kusdarmaji memberikan UP atlet peraih medali perunggu.

“Alhamdulillah, kita hari ini bisa memberikan reward atlet dan pelatih. Hari ini kita bagikan 75 persen dulu. Sisanya, 25 persen akan kami berikan insyaalloh sekitar Maret 2020,” ujar HM Mulyadi, Ketua Umum KONI Kabupaten Pasuruan dalam sambutannya, kemarin.

Mulyadi menjelaskan, pemberian reward ini memang baru bisa dilaksanakan 75 persen. Mengingat dana APBD-Perubahan atau PAK tidak bisa dijanjikan. Sehingga, pihak KONI harus memutar otak agar dana atlet dan pelatih bisa diberikan secepatnya.

“Kami tentu bangga dan terima kasih buat para atlet dan pelatih yang berprestasi di Porprov kemarin. Prestasi ini harus kita tingkatkan. Dan bagi cabor lain, mohon bisa lebih semangat dan berprestasi di Porprov VII-2021 mendantang,” tegasnya.

Plt Kepala Dispora, Yudha Triwidya S didampingi Ketum KONI, HM Mulyadi menyerahkan uang pembinaan kepada atlet peraih medali emas Porprov VI 2019 di aula Diknas Kabupaten Pasuruan, Senin (30/9).

Para atlet dan pelatih kontingen Kabupaten Pasuruan ini memang berhasil mengharumkan nama daerah. Yakni dengan membawa Kabupaten Pasuruan naik ke peringkat 6 se Jawa Timur.

Dari Porprov sebelumnya di peringkat 8. Pada Porprov yang digelar pada 6-13 Juli 2019, Kontingan Kabupaten Pasuruan berhasil membawa 27 medali emas, 23 perak dan 34 perunggu.

Pemberian uang pembinaan memang bervariasi. Untuk peraih medali emas perorangan dan ganda diberikan UP senilai Rp 35 juta. Kemudian untuk yang estafet selam senilai Rp 50 juta dan cabor bulu tangkis beregu (8 orang) senilai Rp 70 juta.

Kemudian untuk peraih medali perak perorangan dan ganda senilai Rp 15 juta. Dan perak beregu diberikan UP senilai 35 juta. Sedangkan untuk peraih medali perunggu perorangan dan ganda diberikan UP senilai Rp 10 juta. Sedang untuk yang beregu sebesar Rp 30 juta.

“Kalau kita hitung 75 persen, total uang pembinaan yang kami bagi kemarin senilai Rp 1.323.750.000. Teknisnya kita berikan cek pada masing-masing atlet untuk bisa dicairkan di bank Jatim,” tegas Muriyat, Sekum KONI Kabupaten Pasuruan.

Sisa 25 persen atau senilai Rp441.250.000 akan diberikan KONI Kabupaten Pasuruan pada Maret 2020. Pemberian uang pembinaan secara transparan ini dilakukan KONI kabupaten Pasuruan agar atlet dan pelatih bisa bersemangat kembali.

Sementara untuk reward pelatih, lanjut Mulyadi diberikan dengan menghitung point. Setiap poin dikalikan dengan angka nominal Rp1.000.000. Misalnya, poin medali emas dinilai 4. Lalu, perak 2 dan perunggu dihitung 1 poin.

“Total kami hitung ada 188 point yang diterima pelatih kita. Sehingga, kita hitung ada sekitar Rp188.000.000 yang kami bagikan kepada pelatih,” tegasnya.

Plt Kepala Dispora, Yudha Triwidya merasa bangga dengan prestasi yang dicapai atlet dan pelatih Kabupaten Pasuruan. Ia pun berharap prestasi ini akan ditingkatkan pada event Porprov VII-2021 di Jember, Situbondo, Bondowoso dan Lumajang.

“Kalau sebelumnya naik dua peringkat, maka Porprov selanjutnya saya berharap juga bisa naik dua peringkat. Sekarang posisi ke-6. Porprov besok posisinya bisa empat besar,” tegas Yudha dengan senyum. (day/day)