TK DWP 5 dan KB Doa Ibu Juara Lomba Mewarnai

311
MENGHIBUR: Aksi salah satu grup tari saat memeriahkan lomba mewarnai tingkat Kabupaten Pasuruan di Candra Wilwatikta Pandaan, Rabu (16/10) kemarin.

Pandaan (Wartabromo.com) – Mungkin banyak pertanyaan yang mengemuka terkait siapa yang menjadi juara dalam lomba mewarnai tingkat TK dan KB, Rabu (16/10) kemarin. Pertanyaan ini wajar. Bayangkan, dari 7.099 peserta, hanya ada satu juara di masing-masing tingkatan.

Data yang dikirimkan panitia IGTKI menyebutkan, untuk tingkat TK, peserta asal TK Dharma Wanita Persatuan (DWP) 5 Randupitu Gempol sebagai juaranya. Yakni atas nama Nasya Talita Azzava. Sedangkan, di tingkat Kelompok Bermain (KB), Ucik Nurulina dari KB Doa Ibu Kecamatan Beji sebagai sang juara (selengkapnya lihat table dibawah, red).

Pihak panitia memang membagi juara berdasarkan tingkatan masing-masing. Karena jumlah peserta TK lebih banyak, wajar jika piala juaranya juga lebih banyak.

Ada 26 yang dinilai para juri dan mendapatkan hadiah level TK. Mereka mendapatkan tropi dan bingkisan. Mulai juara 1, 2, 3. Harapan 1,2,3. Nominasi 1 sampai 10. Dan juara favorit dipilih 1-10 peserta.

Kemudian, untuk tingkat KB, karena jumlah peserta lebih sedikit, maka hadiah yang disediakan juga lebih kecil. Tersedia 16 hadiah tropi dan bingkisan. Untuk juara 1,2,3 Harapan 1-3. Lalu, nominasi 1-5 dan favorit 1-5.

“Kita terima kasih banyak acara ini bisa sukses luar biasa,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Iswahyudi didampingi Kabid PAUD/TK Heri Mulyono dan Ketua IGTKI, Samsulin Arkhandi.

Sebagaimana berita sebelumnya, lomba mewarnai “mamamia” tingkat Kabupaten Pasuruan ini digelar di dua zona. Yakni, zona wilayah timur yang dipusatkan di Makolatmar. Jumlah pesertanya mencapai 3.553. Sedang di wilayah barat di lapangan Candra Wilwatikta Pandaan dengan peserta 7.099 anak TK/KB.

Yang menarik. Selain lomba mewarnai dan diisi hiburan khas anak-anak, lomba ini juga mendatangkan berkah buat pedagang kaki lima (PKL). Ada ratusan PKL dan pedagang kecil yang berdatangan. Meskipun pihak panitia juga sempat dibuat susah dalam melakukan pengaturan.

“Ini bisa memberikan manfaat buat pedagang kecil kita,” terang Bupati Irsyad Yusuf mengapresiasi lomba mewarnai ini.

Selain itu, menurut orang satu di Kabupaten Pasuruan ini, lomba tersebut juga menyiapkan generasi sekarang memahami pendidikan karakter. Terutama pendidikan di lingkungan kelurga.

“Perlu ditanamkan sejak dini pendidikan sebaik-baiknya untuk anak-anak kita. Nah, lomba mewarnai ini adalah salah satu upaya memotivasi anak-anak memahami karakter dan terampil dalam mewarna,” tegasnya.

Berikut daftar juara lomba mewarnai 12 Kecamatan Wilayah Barat Kabupaten Pasuruan

Tanggal 16 Oktober 2019
A. Juara Tingkat TK
1. Nasya Talita Azzava, TK DWP 5 Randupitu Gempol
2. Aqilla Mahya Syafira, TK Anisah Bangil
3. Mahdi, TK PGRI III Rembang

B. Juara Tingkat Kelompok Bermain (KB)
1. Ucik Nurulina, KB Doa Ibu Beji
2. Shaira Maesa Kasyi, KB Anak Sholeh Sukorejo
3. Fatin, KB Al Ghozali Prigen

(day/day)