Tiga Wajah Milenial Dipanggil Jokowi, Isi Posisi Menteri?

770
DARI KIRI- Erick Thohir, Wisnhutama dan Nadiem Makarim saat datang ke Istana Kepresidenan, Senin (21/10/2019). Foto : Istimewa.

Jakarta (WartaBromo.com) – Presiden Joko Widodo mulai memanggil calon Menteri yang akan mengisi kabinetnya. Wajah-wajah milenial terlihat muncul di Istana Kepresidenan pada Senin (21/10/2019).

Setidaknya ada 3 wajah baru non partai politik (parpol) yang terlihat di Istana Kepresidenan. Mereka adalah Nadiem Makarim, Wisnhutama Kusubandio dan Erick Thohir. Ketiganya datang mengenakan setelan putih hitam, style pemerintahan Jokowi.

Saat ditemui sejumlah wartawan, Nadiem mengatakan jika saat ini Ia sudah mundur dari jabatannya di Gojek. Meski begitu, Nadiem enggan menyebutkan posisinya dalam Kabinet Jokowi Jilid 2.

“Kita mendiskusikan mengenai visi mis ke depannya, hal-hal yang lebih mendetail mengenai visi pak presiden mengenai pengembangan SDM, informasi birokrasi, peningkatan investasi dan lain-lain, jadi butir-butir KPI-KPI (Key Performance Indicator) pemerintahan selama lima tahun ke depan ini,” ujarnya dinukil dari Antara.

Lain halnya dengan Wishnutama Kusubandio. Salah satu pendiri telivisi swasta ini blak-blakan terkait permintaan Jokowi. Ia mengaku diminta menjadi menteri yang mengurusi sektor kreatif.

“Kira-kira untuk meningkatkan kemampuan kreativitas di Indonesia, lalu juga meningkatkan devisa,” ujarnya.

Senada, Erick Thohir, pengusaha dan pendiri Grup Mahaka ini juga mengaku membicarakan beberapa hal terkait pemerintahan Jokowi Jilid 2.

“Interview saya dan masing-masing calon menteri cukup lama karena memang beliau sangat detail membreakdown rencana kerja,” jelasnya.

Erick mengaku Ia dan rekannya seperti Nadiem dan Wisnutama tak pernah berkecimpung di pemerintahan. Ia juga menyebut tak pernah kepikiran mendapat tugas negara.

“Tapi beliau (Jokowi, red) memaparkan pemikiran beliau yang saya rasa kita semua wajib membantu dan ini sesuai pidato kemarin, ini buat rakyatlah,” paparnya.

Selain 3 wajah baru tersebut, ada beberapa tohon yang datang ke Istana. Seperti Mahfud MD, Mantan Ketua MK; Bupati Minahasa Selatan, Christiany Eugenia Paruntu; hingga Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (may/ono)