Karyawan PT CS2 Pola Sehat Berdemo, Bujuk Pabrik Kembali Beroperasi

6568
Aksi karyawan PT CS2 Pola Sehat Pandaan. Foto : Istimewa.

Pandaan (WartaBromo.com) – Ratusan karyawan lakukan demo di depan pabrik CS2 Desa Keceling Kemirisewu, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Selasa (22/10/2019). Mereka menuntut agar pabrik kembali beroperasi.

Aksi ini dilakukan 300 karyawan Hari Lepas (HL) di depan PT CS2 Pola Sehat Pandaan. Mereka membawa spanduk putih bertuliskan permohonan kepada pabrik agar kembali produksi.

“Sudah 1 bulan kami tidak bekerja, jika pabrik bermasalah kami juga siap membantu. Karena kami cari makannya juga disini,” teriak salah seorang pekerja dalam orasinya.

Para karyawan ini menganggap jika penghentian produksi merugikan banyak pihak, baik perusahaan maupun karyawan. Apalagi dugaan mengenai PT CS2 yang menyebabkan bau busuk di Sungai Wangi belum bisa dibuktikan kebenarannya. Ini lantaran Sungai Wangi dikelilingi oleh beberapa pabrik lain.

“Kita sama-sama buktikan, biar adil tidak hanya CS2 saja yang dituduh,” tegas peserta aksi.

Permintaan ini tidak hanya ditujukan kepada PT CS2 Pola Sehat saja. Terlebih kepada Pemerintah setempat yang diharapkan bisa bertindak tegas terkait kejadian ini.

Diberitakan sebelumnya, PT. CS2 Pola Sehat hentikan operasional hingga rumahkan karyawan. Itu lantaran pihak manajemen ingin membuktikan pihaknya tak cemari Kali Wangi.

Kebijakan menghentikan produksi itu dilakukan sejak awal Oktober, menyikapi rangkaian protes soal limbah yang mengemuka beberapa waktu lalu. (trn/may)