Cari Ikan, Warga Probolinggo Temukan Granat Aktif

2683

Probolinggo (wartabromo.com) – Seorang warga temukan granat saat mencari ikan di ranu Kedung Pawon di Dusun Kramat Desa Ambulu, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Ditemukannya granat aktif ini masih dalam penyelidikan.

Informasi yang didapat wartabromo.com, sekitar pukul 14.00 WIB, Dofir warga Dusun Serean, Desa Sumberbendo, Kecamatan Sumberasih dan rekannya pulang dari sawah. Mereka tak langsung pulang ke rumah, melainkan mencari ikan di Ranu yang terletak di desa sebelah.

Ranu peninggalan Belanda itu, biasa digunakan warga untuk mencari ikan. Warga biasanya memancing atau menjaring ikan. Namun, Dofir kali ini mencari ikan dengan tangan, dan berburu pada sisi timur-selatan Ranu.

“Saat itu kondisi air ranu sedang surut, sehingga saya hanya mencari ikan menggunakan tangan. Saat meraba-raba, tangan saya mengenai sebuah batu. Saat diangkat, saya kaget karena benda yang saya kira batu ternyata granat,” tutur Dofir.

Dofir pun ketakutan melihat senjata perang itu. Lantas ia memberitahukan warga sekitar terkait temuan granat tangan jenis nanas tersebut.

Dofir juga menghubungi Serda Sahla, anggota Koramil 0820/06 Sumberasih. Sekitar pukul 15.00 WIB, Serda Sahla tiba di lokasi untuk memastikan temuan itu.

Setelah memastikan granat masih aktif, Serda Sahla menghubungi Piket Koramil 0820/06 Sumberasih dan Piket Polsek Sumberasih. Serda Prasetyo dan Ipda Imam akhirnya tiba di lokasi penemuan.

Granat nanas itu kemudian diikat menggunakan selotip di bagian pengamannya. Agar granat tidak meledak dan aman, jika dipegang dengan tangan.

“Pasca temuan, kami selanjutnya membawa granat itu ke Koramil Sumberasih untuk dilakukan tindakan lanjutan. Granat jenis ini, daya ledakannya menjangkau radius 5 meter,” kata Serda Sahla yang juga Babinsa Sumberbendo.

Meski begitu, belum diketahui secara pasti pemilik dari granat ini. Sampai berita ini ditulis, petugas masih menyelidiki mengenai penemuan granat tersebut.(lai/saw)