Puluhan Ribu Jamaah Hadiri Maulid Habsyi Haul Kiai Hamid

3143
Haul Kiai Hamid. Foto : Akhmad Romadoni.

Pasuruan (wartabromo.com) – Puluhan ribu jamaah dari berbagai daerah ikuti Maulid Habsyi haul KH. Abdul Hamid yang ke 38. Acara pembuka ini didominasi jamaah dari Kota dan Kabupaten Pasuruan.

Maulid Habsyi menjadi kegiatan awal untuk menyambut haul Kiai Hamid pada Rabu (6/11/2019). Tampak puluhan ribu jamaah padati pondok Salfiyah Kota Pasuruan. Bahkan, jalan disekitar Jl. Jawa juga sudah dipenuhi jamaah.

Rumah warga disekitar juga ikut menjamu jamaah yang mengikuti rangkaian kegiatan Haul Kiai Hamid. Ada yang memasang TV led dan menyediakan karpet untuk para jamaah.

Adi (21) jamaah asal Mandaran Kota Pasuruan mengaku sudah datang sejak subuh. Ia datang lebih awal agar bisa mengikuti maulid dengan hikmat dan penuh rasa untuk mengenang kewalian Kiai Hamid.

“Sejak subuh, saya sudah ada disini, momen ini momen yang saya nantikan tiap tahun,” ujar Adi kepada wartabromo.com.

Momen Maulid kata Adi memiliki cerita tersendiri. Awal kegiatan haul Kiai Hamid ini membuatnya semakin dekat mengenang Kiai Abdul Hamid.

“Saya ikut maulid, saya lebih dekat dengan romo mbah yai,” tutup Adi.

Maulid habsyi akan selesai sekitar pukul 07.30 WIB. Lalu akan dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan haul pada pukul 08.30 WIB..

Sekedar diketahui, para jamaah yang hadir di Haul Kiai Hamid ini, datang dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Mereka datang menggunakan berbagai macam alat transportasi. Diantaranya, bus, mobil elf, kendaraan pribadi, hinga perahu. (don/may)