Jokowi Ngamuk, Sesalkan Atap Ambruk di SDN Gentong Kota Pasuruan

4617
Jokowi. Foto : Biro Pers Sekretariat Negara.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ambruknya atap di SDN Gentong Kota Pasuruan menjadi perhatian berbagai pihak. Diantaranya Presiden Joko Widodo yang menyesalkan kejadian ini.

Hal tersebut diungkapkan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2019, kemarin.

Jokowi menyoroti masih adanya proses tender pada bulan November ini. Mepetnya waktu tender khususnya untuk lelang konstruksi ini menjadi pemicu buruknya kualitas proyek.

“Jembatan ambruk, ya karena ini, November masih tender, gimana? SD ada yang ambruk, gedung. Karena apa? Ya kayak gini ini, kerja cepet-cepetan dan pas kerja bulannya basah, hujan,” jelasnya dilansir dokumen BPMI.

Hal ini kata Jokowi terjadi berulang setiap tahun. Ia dengan tegas meminta hal tersebut tak terjadi kembali tahun depan. Bahkan Jokowi bakal mengecek langsung proses e-tendering yang ada di Kabupaten atau Kota di Indonesia.

“Ya sudah ngerti lah kita, enggak mungkin kita membuat konstruksi semua pekerjanya pakai payung, nggak mungkin,” selorohnya.

Selain Jokowi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Nadiem Anwar Makarim juga turut prihatin dengan peristiwa ini. Nadiem bahkan turun ke lokasi untuk mengecek kondisi sekolah. (may/ono)