Kades Kedawung Terpilih Meninggal Dunia

10064
Sunardi (baju putih), mendiang Kades Kedawung terpilih. Pria ini meninggal sebelum dilakukan pelantikan.

Kuripan (wartabromo.com) – Kepala Desa (Kades) Kedawung, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Probolinggo terpilih, Sunardi, meninggal dunia. Pemkab akan menunjuk pejabat (Pj) Kades agar tidak terjadi kekosongan pimpinan.

Sunardi meninggal karena sakit di rumahnya pada Kamis (12/12/2019) sekitar pukul 21.10 WIB. Kades yang rencananya akan dilantik pada Senin, 16 Desember itu, dimakamkan di TPU setempat. Pemakaman pada Jumat pagi itu, dihadiri oleh ratusan warga.

“Beliau meninggal tadi malam. Tiga hari yang lalu masih sempat bertemu saya di rumahnya. Membahas pelantikan pada Senin nanti. Dan sempat saya sampaikan pesan-pesan untuk giat pelantikan nanti. Sempat ketawa dan bercanda dengan saya,” kata Kapolsek Kuripan, AKP. Kusmidi kepada wartabromo.com, Jumat (13/12/2019).

Meninggalnya Kades terpilih tersebut, membuat Pemkab Probolinggo mengambil langkah cepat. Di antaranya dengan menyiapkan pejabat (Pj) untuk mengisi kekosongan jabatan Kades. Sebab, untuk Pilkades ulang, dinilai tidak memungkinkan digelar segera.

“Akan kami tunjuk Pj, agar roda pemerintahan di Desa Kedawung tetap berjalan. Pilkades ulang tersebut tidak bisa dilakukan pada tahun ini. Rencananya, pemilihan ulang akan diagendakan pada tahun-tahun berikutnya,” ujar Syamsul Huda, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Probolinggo.

Diketahui, Kedawung termasuk desa yang melaksanakan Pilkades serentak pada 11 November lalu. Ada 2 kontestan yang ikut Pilkades yakni Salemuddin dan Sunardi.

Dengan nomor urut 2, Sunardi menjadi pemenang dengan 2.313 suara. Sedangkan rivalnya, Salemuddin dengan nomor urut 1 memperoleh 1.700 suara.

Rencananya, Pemkab Probolinggo akan melaksanakan pelantikan 12 Kades terpilih. Pengambilan sumpah jabatan sedianya dilakukan di Pendapa Bupati Probolinggo, yang berada di Jalan Ahmad Yani Kota Probolinggo pada Senin, 16 Desember nanti. (cho/saw)