Polisi Amankan Motor Modifikasi Untuk Kulak BBM

1705

Probolinggo (wartabromo.com) – Satreskrim Polres Probolinggo Kota, mengamankan motor modifikasi tangki BBM, milik tengkulak. Sebab karena ulah para tengkulak ini, stok BBM jenis premium di SPBU Kota Probolinggo, sering kehabisan.

Satu-persatu, para tengkulak BBM kabur, ketika anggota Satreskrim Polres Probolinggo Kota melakukan Sidak, di SPBU Kasbah, jalan Soekarno Hatta, Kota Probolinggo. Polisi akhirnya mengamankan tiga tengkulak bbm, dengan tangki motor modifikasi.

Jenis kendaraan yang digunakan, umumnya adalah Suzuki Thunder. Namun kali ini, si tengkulak memperbesar kapasitas tangki motornya. Semula hanya berkapasitas 15 liter, diperbesar menjadi 24 liter.

Dalam sehari, para tengkulak bisa kembali sampai tiga kali, untuk membeli BBM jenis premium. Bahkan, pembelian juga dilakukan dengan jeriken, di atas pikap atau mobil bak terbuka.

“Kalau seperti saya mau kerja apalagi. Usia sudah di atas 50 tahun. Makanya saya jual bensin eceran ini,” kata Uwi, salah satu pemilik motor modifikasi, Jumat (13/12/2019).

Namun keadaan ini, jelas merugikan konsumen pada umumnya. Sebab saat hendak membeli premium di SPBU, sering kali kehabisan. Selain itu, harga eceran yang ditetapkan para tengkulak BBM premium ini, lebih mahal dari harga yang ditetapkan Pertamina.

“Kami amankan berikut pemiliknya, karena kendaraan tidak sesuai dengan spektek,” ujar Kasatreskrim Polres Probolinggo Kota, AKP Nanang Fendi. (lai/saw)